Country Strong

Sobekan tiket bioskop tertanggal 31 Maret 2011 adalah Country Strong. Setahu gue, film ini adalah titik dimana artis cantik Gwyneth Paltrow menjadi pede untuk mencoba dunia tarik suara. Apalagi dengan masuknya lagu Coming Home dalam daftar nominasi Golden Globe 2011 dan Oscar 2011 untuk kategori Best Original Song. Walaupun musik country adalah bukan preferensi utama dalam playlist musik gue, tapi ya penasaran aja dengan bakat nyanyi dari Mrs. Paltrow.

Sebuah drama yang fokus pada Beau Hutton (Garret Hedlund) yang seorang musisi-penulis lagu country yang sedang naik daun. Beau memiliki kisah asrama diam-diam dengan Kelly Canter, penyanyi country pemenang Grammy yang karirnya meredup. Kisah cinta mereka bertambah rumit dengan adanya suami dari Kelly, James Canter (Tim McGraw) dan seorang penyanyi pendatang baru yang cantik, Chiles Stanton (Leighton Meester).

Seperti yang sudah gue sebutkan diatas, gue memang bukan pencinta musik country tapi masih dalam kategori bisa ngedengerin di kuping gue. Film drama seputar dunia musik (country) yang tentunya akan banyak adegan nyanyinya ini pun masih bisa gue nikmati dengan baik setiap lagunya. Cerita asrama yang ditawarkan memang cenderung biasa saja, tapi kisah tentang Kelly Canter yang karirnya meredup ini yang patut direnungkan lebih dalam.

Walaupun film ini fokus pada cerita Beau Hutton, tapi entah kenapa gue jadi lebih terseret pada kisahnya Kelly Canter yang mencoba dengan keras merangkak kembali ke puncak karirnya. Entah karena kisah Beau Hutton sendiri yang cenderung biasa, atau memang gue yang lebih tertarik lebih jauh untuk memahami dinamika artis yang karirnya sedang meredup terlebih dengan melawan rekam jejak buruk yang pernah ada di masa lalu. Mungkin juga karena Kelly Canter diperankan oleh Mrs. Paltrow yang cantiknya engga luntur walaupun umur beliau nyaris kepala empat. Ya, ketidakfokusan film ini seakan keteteran untuk menceritakan dua karakter ini. Gue jadi rada bingung, sebenarnya film ini mau bercerita tentang apa sih? Karir dan dinamika Beau Hutton yang sedang melaju di dunia musik atau perjuangan kembalinya penyanyi tenar Kelly Canter?

Diluar penceritaan kisah yang seakan tidak fokus, gue cukup terhibur dengan setiap penampilan bernyanyi dari semua karakter penyanyi dalam film ini. Selain Mrs. Paltrow yang ternyata berbakat nyanyi, gue cukup kagum dengan Garret Hedlund yang di film ini gue sama sekali lupa bahwa dia pernah bermain dalam Tron: Legacy (2010). Untuk mempersiapkan film ini, Hedlund benar-benar masuk dalam sekolah musik untuk belajar bermain gitar dan bernyanyi. Hasilnya? Lumayan bikin merinding. Leighton Meester juga cantik dan imutnya engga nahan, selalu mewarnai layar ketika dia tampil dalam adegan. Kecantikan dan keindahan suaranya benar-benar seakan menjadi ancaman saingan untuk penyanyi senior macam Kelly Canter. Tim McGraw, satu-satunya penyanyi country di dunia nyata yang ada dalam film ini, malah tidak bernyanyi dalam film ini tapi penampilan aktingnya juga tidak tenggelam dibandingkan binarnya Mrs. Paltrow.

Musik-musiknya menghibur, pria-pria pasti jatuh cinta berkali-kali setiap kali Leighton Meester dan Gwyneth Paltrow muncul di layar, namun jangan berharap dari segi cerita yang mudah terlupakan.

Rating?
6 dari 10

Komentar