Posts

Showing posts from April, 2010

The Men Who Stare at Goats

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 29 April 2010 adalah The Men Who Stare at Goats. setelah melihat trailernya pertama kali, gue langsung tertarik dengan ide ceritanya yang "gila" dan unik. apalagi film ini diperkuat oleh deretan aktor papan atas macam George Clooney, Ewan McGregor, dan Kevin Spacey. pastinya film ini akan segila apa yang ditampilkannya di trailer.

bercerita tentang seorang wartawan, Bob (Ewan McGregor), yang putus asa lalu memutuskan untuk pergi ke Irak untuk mencari berita terbaik. perjalanannya dimulai dengan pertemuan tak sengaja dengan Lyn Cassidy (George Clooney), yang ternyata adalah seorang anggota pasukan khusus AS yang memiliki kekuatan paranormal. petualangan mereka berdua pun menjadi tidak terkendali.

wuah, film yang cukup gila sekaligus sinis. humor-humor yang dilempar dalam film ini menurut gue cukup bersifat komedi satire. dalam dan kena, khususnya dalam menyindir pihak-pihak yang terobsesi pada penciptaan prajurit-prajurit yang memiliki kekuatan …

Bangkok Traffic (Love) Story

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 26 April 2010 adalah Bangkok Traffic (Love) Story. gue tertarik untuk nonton film ini karena memang penasaran aja dengan film-film asal Thailand. sepengalaman gue sih, kalo mereka bikin film humor itu emank kocak banget, apalagi ditambah dengan bahasa mereka yang menurut gue juga menarik. ditambah dengan promosi di poster film ini bahwa tingkat penjualan film ini menyamai Phobia 2.

bercerita tentang seorang wanita, Li, yang umurnya sudah "kepala tiga", merasa tertekan karena tidak kunjung mendapat jodoh, ditambah lagi dengan sahabatnya yang telah menikah. namun nasib Li segera berubah setelah dalam perjalanan dengan angkutan umum ke kantornya, membawa dia ke pertemuan tidak sengaja dengan Lung, seorang pemuda yang bekerja pada malam hari. pertemuan itu pun menyeret mereka ke dalam kisah romantis yang tentunya tidak semulus yang mereka kira.

well, film ini adalah film yang cukup representatif untuk menggambarkan seperti apa kehidupan di Thailand…

Le Concert

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 25 April 2010 edisi Festival Sinema Perancis adalah Le Concert. ini adalah film yang gue tunggu-tunggu semenjak gue membaca sinopsisnya. hanya ada dua kata kunci pada sinopsisnya yang langsung membuat gue tertarik untuk nonton; orkestra dan Rusia.

bercerita tentang Andrei Filipov, seorang tukang bersih-bersih yang nyatanya adalah seorang konduktor suatu orkestra pada tiga puluh tahun lalu. setelah mendapatkan undangan untuk tampil di Chatelet Paris, ia pun ingin menyamar sebagai Orkestra Bolshoi untuk dapat tampil dan mengulang masa kejayaan tiga puluh tahun lalu. bersama temannya, ia mengumpulkan kembali anggota-anggota orkestranya yang sudah tersebar di seluruh kota selama tiga puluh tahun. ternyata usaha untuk tampil lagi tidak semudah yang ia harapkan, bahkan sampai beberapa detik setelah tirai opera diangkat.

film ini benar-benar jauh diatas ekspektasi gue. salah satunya adalah gue menemukan bahwa 75% dari film ini berbahasa Rusia dan memang aktor d…

Tellement Proches

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 25 April 2010 edisi Festival Sinema Perancis adalah Tellement Proches. well, gue nonton film ini cuma biar engga nganggur aja dari show sebelumnya dan show sesudahnya yang memang udah gue incar. mengingat genre pada film ini juga komedi, jadi yah kenapa tidak.

bercerita tentang satu keluarga besar dimana masing-masing anggota keluarganya memiliki masalahnya sendiri. Alain, Nathalie, Jean-Pierre, Catherine, Bruno, Roxane. Alain dan Natalie, sepasang suami istri yang hubungannya menjadi memburuk gara-gara tingkah anaknya yang hiperaktif. Jean-Pierre dan Catherine yang hubungannya juga menjadi aneh karena Catherine menjadi pemeluk agama Yahudi. lalu Roxane yang secara tidak sengaja bertemu Bruno dan tergila-gila padanya.

wah baru kali ini gue dapat pengalaman untuk nonton film komedia satire. setiap kejadian kocak atau lucu yang ada di layar, ketika kita menertawakannya, serasa menertawakan diri sendiri. karena apa yang ada dalam cerita ini memang sangat …

Le Petit Nicolas

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 25 April 2010 versi Festival Sinema Perancis adalah Le Petit Nicolas. tadinya gue engga terlalu tertarik akan film ini. tapi setelah tahu bahwa tiket untuk semua show film ini telah terjual habis bahkan satu minggu sebelum festival dimulai, gue jadi penasaran. beruntung gue nemu seorang kaskuser yang mau menjual kelebihan tiket. cihuy!

bercerita tentang Nicolas yang terpengaruh oleh cerita temannya bahwa memiliki adik itu adalah hal yang mengerikan. karena suatu hal, Nicolas pun berimajinasi bahwa orang tuanya akan memiliki anak lagi. Nicolas dan teman-temannya pun berusaha dengan segala cara untuk menyingkirkan calon adiknya yang akan lahir.

sumpah, film ini kocak banget! baru kali ini gue nonton film sampe ngakak-ngakak keluar air mata. entah kenapa, kepolosan anak-anak kecil itu bisa mengundang tawa. dari segi ceritanya sendiri yang memang unik, sampai tingkah polah para anak-anak ini. sampai bingung, anak sekecil itu sudah bisa berakting? wowh!


tidak …

OSS 117: Rio Ne Repond Plus

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 24 April 2010 versi Festival Sinema Perancis adalah OSS 117: Rio Ne Repond Plus. memang salah satu pertimbangan gue dalam memilih film-film di festival tahun ini adalah sebisa mungkin memilih film-film bergenre komedi. karena memang sepengalaman gue, film-film Perancis cukup kuat komedinya.

bercerita tentang seorang agen rahasia Perancis yang mengejar buronan Nazi sampai ke Rio de Janeiro, Brasil. dalam petualangannya mengejar buronan tersebut, sang agen ditemani oleh seorang wanita cantik dan perjalanan menjadi semakin seru sekaligus menggelikan.

well, tampaknya film ini hendak menjadi parodi dari film-film James Bond. dengan gaya flamboyannya dan setiap gerak-geriknya. apalagi setting film dibuat di tahun 80-an. tapi entah kenapa lelucon-lelucon yang keluar rasanya kurang kena. mungkin karena leluconnya terlalu "Perancis" sehingga kurang dimengerti oleh penonton Indonesia.
selain itu, gue juga kurang suka dengan gaya bercerita film ini, seakan…

The Road

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 22 April 2010 adalah The Road. awalnya gue engga terlalu tertarik untuk nonton film ini. tapi setelah melihat trailernya dan tahu bahwa film ini diangkat dari novel karya Cormac McCarthy (No Country for Old Men), gue jadi tertarik dan penasaran akan film ini.

bercerita tentang perjalanan seorang ayah dan anaknya ke Selatan setelah bumi hancur oleh suatu keadaan bencana. kehancuran bumi membuat seluruh hewan dan bahan pangan habis, sehingga manusia yang tersisa bertahan hidup dengan makanan seadanya.

aha, another post-apocalyptic movie. memang sih nonton film ini, secara automatis gue membandingkan dengan The Book of Eli. karena memang ide dasar ceritanya cukup mirip; perjalanan seseorang menuju suatu tempat, untuk bertahan hidup di tengah bumi yang hancur karena suatu keadaan bencana.

pada The Book of Eli, cerita berjalan seakan-akan sosok Eli adalah sosok pahlawan penumpas kejahatan dan pembela kebenaran. namun pada film ini, cerita lebih berpusat kepa…

The Lovely Bones

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 19 April 2010 adalah The Lovely Bones. begitu melihat posternya dan tahu bahwa Peter Jackson yang membesut film ini, gue langsung berniat untuk menonton film ini. sayang di Jakarta cuma keluar di beberapa bioskop, entah kenapa. tapi rasanya film ini akan mengobati kerinduan akan film besutan Peter Jackson setelah King Kong.

bercerita tentang Susie Salmon, seorang gadis 14 tahun yang mati dibunuh dan diperkosa, mengamati keluarganya yang ditinggalkan dan pembunuhnya, dari tempat "in-between" (antara surga dan bumi). Susie mengamati bagaimana ayahnya menjadi terobsesi untuk mencari siapa pembunuhnya dan ibunya yang depresi akan kematiannya. namun Susie harus melepaskan segalanya, termasuk dendam terhadap si pembunuh, agar bisa benar-benar masuk ke dalam surga.

gue memang belum baca novelnya sih, tapi dari sudut pandang gue, tampaknya film ini berhasil untuk memvisualisasikan apapun yang ada dalam bukunya. maksud gue, segala macam visualisasi tent…

How to Train Your Dragon

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 15 April 2010 adalah How to Train Your Dragon. sebenarnya sudah lama mau nonton film ini, tapi berhubung keterbatasan waktu, baru kesampaian hari ini.

Seorang remaja Viking bernama Hiccup (Jay Baruchel) tinggal di pulau Berk, di mana memerangi naga adalah kegiatan sehari-hari. Hiccup tidak disukai oleh sukunya sendiri dan sang kepala suku yang juga ayahnya, Stoick the Vast (Gerard Butler). Namun, ketika Hiccup masuk dalam Pelatihan Pemusnahan Naga bersama remaja Viking lainnya, ia melihat kesempatan untuk membuktikan bahwa ia memiliki bakat untuk menjadi seorang pejuang. Setelah ia berhasil menangkap seekor naga, Hiccup justru akhirnya berteman dengannya. Hubungan ini menjadi rumit ketika ia berusaha untuk meyakinkan sukunya bahwa mereka tidak perlu memusuhi naga.

tampaknya gue nonton film ini di momen yang tepat; masih dalam masa-masa euforia Hachiko. tapi bedanya, dalam film ini yang menjadi binatang peliharaan tak lain dan tak bukan adalah NA…

[Rec]2

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 13 April 2010 adalah [Rec]2. yup, ini adalah sekuel dari film pertamanya, [Rec] (2007). mungkin yang pernah nonton Quarantine, versi Hollywood dari [Rec]. sekuel ini memang sudah gue tunggu-tunggu sejak kemunculan trailernya beberapa bulan yang lalu.

Jaume Balaguero dan Paco Plaza kembali menakut-nakuti penonton sekali lagi dengan sekuel thriller [REC], yang ceritanya berpusat pada seorang kru berita TV yang terperangkap di sebuah gedung apartemen dikarantina karena penghuninya terinfeksi virus yang membuat mereka menjadi saling bunuh. Aksi ini terus berlanjut saat petugas medis dan tim SWAT yang dilengkapi dengan kamera video yang merekam seluruh kejadian dikirim ke apartemen tersebut untuk mengendalikan situasi. Apa yang terjadi berikutnya akan harus disaksikan sendiri untuk dapat dipercaya.

menariknya dalam sekuel ini, jalan cerita dimulai tepat 15 menit setelah Angela Vidal menghilang dalam kegelapan kamera. sekuel ini pun benar-benar menyajikan se…

The Book of Eli

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 10 April 2010 adalah The Book of Eli. semenjak kemunculannya di trailer sewaktu gue masih di Manila, gue sudah berniat untuk menonton film ini. meskipun gue engga terlalu ngeh tentang cerita dalam film ini tentang apa, tapi kehadiran Denzel Washington sudah cukup menstimulus niat gue untuk menonton film ini.

Setelah sebuah perang yang membuat bumi menjadi dunia tandus tanpa hukum, seorang pejuang tunggal bernama Eli (Denzel Washington) harus bertarung melintasi Amerika demi melindungi sebuah buku suci yang merupakan kunci keselamatan umat manusia. Didorong oleh keyakinannya bahwa ada sesuatu yang lebih besar daripada dirinya, Eli harus terus berjalan untuk menyelamatkan keberadaban manusia yang telah porak-poranda. Hanya satu orang lain yang memahami besarnya kekuasaan di tangan Eli, dan bertekad untuk merampasnya untuk dirinya sendiri: Carnegie (Gary Oldman).

wah, another post-apocalyptic movie. tapi harus gue akui, cerita yang satu ini sangat m…

Hachiko: A Dog's Story

Image
sobekan tiket bioskop tertanggal 7 April 2010 adalah Hachiko: A Dog's Story. awalnya gue kurang tertarik untuk nonton film ini, karena unsur ketertarikan gue akan film bertema anjing memang kurang dan menganggap bahwa film ini akan sama dengan film-film bertema anjing lainnya. tapi setelah mendengar komentar-komentar dari teman-teman yang telah menonton film ini, dan tahu bahwa ternyata cerita dalam film ini berdasarkan kisah nyata, gue menjadi semakin terdorong untuk nonton film ini.

Seorang profesor perguruan tinggi (Richard Gere) memungut seekor anjing yang ditinggalkan dan akhirnya mereka membentuk sebuah ikatan tak terpisahkan. Si anjing tiba di stasuin kereta api menjemput tuannya pada waktu yang sama setiap harinya. Setelah profesor meninggal ditempatnya mengajar, si anjing tetap setia menunggu tuannya di stasiun tersebut selama hampir satu dekade

kebanyakan dari teman-teman gue yang nonton film ini mengaku bahwa mereka menitikkan air mata di penghujung film ini. dan gue…