Le Concert

sobekan tiket bioskop tertanggal 25 April 2010 edisi Festival Sinema Perancis adalah Le Concert. ini adalah film yang gue tunggu-tunggu semenjak gue membaca sinopsisnya. hanya ada dua kata kunci pada sinopsisnya yang langsung membuat gue tertarik untuk nonton; orkestra dan Rusia.

bercerita tentang Andrei Filipov, seorang tukang bersih-bersih yang nyatanya adalah seorang konduktor suatu orkestra pada tiga puluh tahun lalu. setelah mendapatkan undangan untuk tampil di Chatelet Paris, ia pun ingin menyamar sebagai Orkestra Bolshoi untuk dapat tampil dan mengulang masa kejayaan tiga puluh tahun lalu. bersama temannya, ia mengumpulkan kembali anggota-anggota orkestranya yang sudah tersebar di seluruh kota selama tiga puluh tahun. ternyata usaha untuk tampil lagi tidak semudah yang ia harapkan, bahkan sampai beberapa detik setelah tirai opera diangkat.

film ini benar-benar jauh diatas ekspektasi gue. salah satunya adalah gue menemukan bahwa 75% dari film ini berbahasa Rusia dan memang aktor dan aktris asal Rusia, walaupun film ini buatan Perancis. baru kali ini gue nonton film yang berbahasa Rusia dan gue cukup senang akan hal itu. selain itu konsep cerita yang juga cukup unik. cerita semacam ini mungkin kita bisa temukan pada film-film lain yang bertema olahraga atau malah kelompok pencuri, tapi sebuah orkestra? mungkin baru film ini.


selain itu kedalaman karakter yang ditampilkan juga cukup detail, sampai di akhir film penonton dapat merasakan bahwa karakter tersebut cukup dekat dengan kita. yang gue suka adalah gaya bertutur cerita dalam film ini. sepanjang film, penonton diajak untuk mengikuti sepak terjang Andrei dalam mewujudkan konsernya, mulai dari mengumpulkan teman-teman orkestranya, tiket pesawat, visa, sampai penginapan. perjuangan ini serasa tanpa akhir melihat bagaimana Andrei menemui berbagai halangan dan rintangan. namun penantian penonton itu pun terbayar setelah melihat hasil jerih payah Andrei, sebuah konser yang mengagumkan!

orang-orang yang dekat dengan dunia orkestra ataupun yang pernah terlibat didalam sebuah konser orkestra, pasti akan suka menonton film ini dengan melihat segala macam seluk beluk untuk mempersiapkan sebuah konser orkestra yang harmonis.

rating?
8,7 of 10

Komentar