Posts

Showing posts from December, 2006

Sobekan Tiket Terbaik 2006

Image
Tertanggal 13 November 2006. Rating STB 8,5 dari 10.

Tertanggal 11 Desember 2006. Rating STB 8 dari 10.

Tertanggal 12 Desember 2006. Rating STB 7,8 dari 10.

Tertanggal 14 Desember 2006. Rating STB 9 dari 10.

Night At The Museum

Image
Sobekan Tiket Bioskop untuk tanggal 30 Desember 2006 adalah Night At The Museum. tampaknya ini menjadi sobekan tiket bioskop terakhir di tahun 2006 ini.

diangkat dari novel karya Milan Trenc, bercerita tentang Larry (Ben Stiller) yang telah bercerai dan sedang berusaha mencari pekerjaan. akhirnya ia mendapatkan pekerjaan sebagai penjaga malam di sebuah museum. namun ternyata setiap malam hari semua benda dalam museum itu menjadi hidup. maka setiap malam pun Larry harus mengatur kehidupan di dalam museum tersebut agar tidak ada yang masuk ataupun keluar.

nice visual effect. nice story. sebuah film keluarga dengan banyak humor didalamnya. dan gue cukup tertawa ngakak nonton film ini.

sebenarnya maknanya dalem di film ini. bagaimana penghuni museum yang berasal dari berbagai belahan dunia, yang tadinya saling bertengkar namun dapat bersatu untuk memecahkan masalah. sebuah kritikan terhadap dunia.

rating?
7,5 of 10

The Nativity Story

Image
Sobekan Tiket Bioskop tertanggal 29 Desember 2006 adalah The Nativity Story...mumpung masih suasana Natal kan yak...yeah...

Kisah Kelahiran Kristus, mencatat perjalanan yang berliku-liku bagi Maria dan Joseph, sebuah kehamilan ajaib, dan sejarah yang mempertegas kelahiran Yesus. Pasangan muda tersebut harus pergi dari rumah mereka di Nazareth menuju Bethlehem, rumah leluhur Joseph untuk sensus atas perintah Raja Herrod. Perjalanan yang harus mereka tempuh sepanjang 100 mil, melalui medan berbahaya serta keadaan semakin rumit oleh fakta bahwa Maria hamil sembilan bulan. Disamping itu perjalanan mereka terancam oleh pasukan Raja Herrod yang memburu Messiah yang sudah diramalkan. selain itu ada pula tiga orang Majus dari Persia yang ingin membuktikan ramalan tentang kelahiran Messiah.

bagus. setelah sekian banyak film tentang wafat Yesus, gue baru kali ini nonton film tentang kelahiran Yesus dan lebih ngerti lagi dan cukup mendapat gambaran tentang hal tersebut. film ini cukup sejalan de…

Happy Feet

Image
Sobekan Tiket Bioskop untuk tanggal 23 Desember 2006 adalah Happy Feet. yup, film animasi terbaru karya Warner Bros yang dapet 2 nominasi Golden Globe (Best Animated Film & Best Original Song-Motion Picture)

Putra Memphis (Hugh Jackman) dan Norma Jean (Nicole Kidman), Mumble (Elijah Wood), penguin mungil dengan bulu-bulunya yang halus mempunyai satu masalah besar: sekeras apapun usahanya, dia tidak bisa menyanyikan satu tangga nada pun. Di dunia dimana setiap penguin menarik perhatian kekasih mereka lewat lagu cinta mereka masing-masing, tapi Mumble tidak punya. Namun, Mumble adalah penari tap cemerlang! Bila dia ingin melepaskan rasa sedihnya, tidak melalui paruhnya…namun mengalir lewat “kaki gembira” nya
Saat dia tumbuh dewasa dan antusias agar dapat diterima, ia gagal dan ini adalah kesempatan terakhirnya untuk menikmati masa remajanya…kemudian berpisah dengan keluarganya. Tetapi Mumble ingin tahu dunia sekitarnya dan tidak takut pada tantangan yang menghadangnya
Dan saat laut…

El Aura

Image
Sobekan Tiket Bioskop versi JiFFest yang terakhir adalah El Aura film asal Argentina, pada tanggal 17 Desember 2006. gue kira gue ga dapet tiket ini, tapi ternyata dapet. yeah! dengan ini gue mencetak rekor tersendiri dengan hadir pada pemutaran JiFFest selama 8 hari dari 10 hari pemutaran. yeah!

Espinoza adalah seorang dokter yang sering melamun dan membayangkan dirinya melakukan aksi kriminal. Dia sering berpendapat bahwa dalam kehidupan nyata, polisi selalu bertindak lambat dalam menyelesaikan masalah. Ketika Espinoza sedang berburu di hutan, dia terjebak dalam suatu kecelakaan dimana akhirnya Espinoza bisa mewujudkan impiannya: menjadi buronan atas tindakan kejahatan yang sesungguhnya.

sbenernya gue telat setengah jam. hauehuaehaeuhaeuhaueh. jadi ya rada2 ga ngerti gituh, tapi lumayan bisa ngikutin kok. sperti biasa pada dunia film, menit2 pertama adalah masa introduksi, pengenalan peran dan karakter, dsb2. dan jalan cerita baru dimulai di setengah jam kedua dan seterusnya.

yup, …

Eragon

Image
Sobekan Tiket Biosokop versi 21 Cineplex pada tanggal 16 Desember 2006 pas Midnite adalah Eragon..

Saat Eragon (Edward Spelleers) menemukan batu biru di hutan, ia merasa ini adalah keberuntungan seorang anak laki-laki dari perkebunan miskin: dia dapat membeli makanan selama musim dingin untuk keluarganya. Namun saat batu berubah menjadi telur dan menetaskan seekor bayi naga, Eragon menyadari bahwa dia sudah menemukan harta karun yang berusia sama dengan Kekaisaran itu sendiri. Malam itu kehidupannya yang sederhana berubah, dan ia terdorong ke dalam dunia baru yang membahayakan, ajaib dan berkuasa
Dengan hanya bersenjatakan sebuah pedang kuno dan nasehat seorang pendongeng tua, Eragon dan bayi naga harus menjelajahi medan berbahaya dan musuh-musuh Kekaisaran yang diperintah oleh seorang raja dengan kejahatan yang tak terbatas. Apakah Eragon dapat merebut mantel Penunggang Naga legendaris? Nasib Kekaisaran ada di tangannya
Diangkat dari novel terlaris karya Christopher Paolini

nonton fi…

Look Both Ways

Image
Sobekan Tiket Bioskop edisi JiFFest yang terakhir adalan Look Both Ways, pada tanggal 15 Desember 2006...

Seorang seniman yang suka berkhayal bahwa berbagai macam bencana akan menimpa dirinya. Seorang fotografer dinyatakan menderita kanker, sementara rekannya harus bertanggung jawab atas kehamilan pacarnya. Apalagi ada kecelakaan kereta api yang menewaskan seorang pria. Sementara istri dari pria naas tersebut menjadi sorotan media setelah fotonya terpampang di sebuah surat kabar. Ditambah lagi sang masinis kereta api yang merasa bersalah atas kejadian tersebut. Meskipun tidak mengenal satu sama lain, namun keempat karakter tidak bisa mengelak dari takdir yang membuat mereka harus hidup tergantung satu sama lain.

sepertinya jenis cerita yang berpararel satu sama lain lagi trend yah. Crash, Babel, Berbagi Suami, dkk. tapi Look Both Ways cukup bagus karena pendalaman masing-masing karakter. dan proses bertemunya masing-masing karakter digali cukup dalam. banyak makna yang bisa ditarik da…

Koper

Image
Sobekan Tiket Bioskop pada tanggal 15 Desember 2006 versi gratisan adalah Koper, film Indonesia...

bercerita tentang Yahya (Anjasmara) seorang pegawai arsip yang sudah cukup puas dengan hidupnya yang bisa dibilang masih kekurangan. suatu hari ia menemukan sebuah koper yang tergeletak di pinggir jalan. bersamaan itu juga, ada berita bahwa ada perampokan di sebuah bank dan pencuri berhasil membawa uang satu milyar rupiah di dalam koper, namun koper tersebut hilang. dalam sekejap semua orang menjadi sangat baik kepada Yahya, dan berharap agar Yahya mau membuka koper tersebut dan memperbaiki hidupnya, termasuk istrinya sendiri. Yahya yang cukup idealis bersikeras tidak akan pernah membuka koper tersebut dan berniat untuk mengembalikan kepada pemilik aslinya.


naskah film ini kayaknya lebih cocok jadi naskah teater. knapa? karena dialog-dialog yang ada dalam film ini terlalu filosofis. actually, film ini kurang menghibur karena banyak sekali dialog-dialog klise. dan selain itu, film ini …

Little Miss Sunshine

Image
Sobekan Tiket Bioskop pada tanggal 14 Desember 2006 adalah Little Miss Sunshine, film asal Amerika Serikat.

Keluarga Hoover termasuk keluarga paling aneh yang pernah ada. sang ayah adalah seorang pengusaha-hampir-gagal; anaknya, Dwayne, telah memutuskan untuk mogok bicara selama sembilan bulan; sang kakek baru saja diusir dari panti jompo dan seorang pecandu heroin; dan paman Frank adalah seorang gay yang mencoba untuk bunuh diri. Sekarang keluarga ini harus bersatu untuk mengantar Olive, anak paling kecil, untuk mengikuti kontes Little Miss Sunshine di kota lain. Sepanjang perjalanan, keluarga ini harus menghadapi masalah-masalah pribadi mereka, berikut bis VW mereka yang rusak. dan dalam perjalanan mereka, masing-masing akan menemukan suatu hal tentang diri mereka dan satu sama lain.

dalem. ni film dalem banget. memang, keluarga tersebut dari luar tampak berantakan. tetapi ternyata mereka menemukan keharmonisan mereka dalam bentuk yang lain. film ini memang dikemas dalam bentuk film…

The Matador

Image
Sobekan Tiket Bioskop yang kedua pada tanggal 13 Desember 2006 adalah The Matador, film asal Amerika Serikat.

Julian Noble (Pierce Brosnan) sudah sangat bosan dengan pekerjaannya sebagai pembunuh bayaran. Di Mexico City, ia bertemu Danny Wright (Greg Kinnear), seorang salesman yang kaku dan serius. Meskipun tidak banyak kesamaan di antara mereka berdua, namun mereka harus bekerja sama agar mereka bisa selamat dari petualangan berbahaya yang harus mereka lalui di kota itu.

aneh. plot ceritanya cukup aneh. ending yang cukup aneh. dan pergerakan alur yang sangat lamban.

tapi lucu. banyak humor dan komedi. dan Brosnan sepertinya masih membawa aura James Bond-nya. malah kayak Bond yang dah mau pensiun.

ternyata ini film udah masuk Lembaga Sensor Film gituh, secara film2 Jiffest rata2 blom lewat LSF. jadinya yah banyak sensor. apalagi di film ini banyak sex scene dan adegan semi-nude. DAMN. dan ber-subtitle Indonesia.

my rating is
6 of 10

Mozartballs

Image
Sobekan Tiket Bioskop tanggal 13 Desember 2006 adalah Mozartballs dan ini adalah film dokumenter asal Canada, jadi gratisan deh...
Film ini menampilkan orang-orang yang menghargai Mozart dalam bentuk yang unik. Ada seorang guru sekolah di Swiss yang terobsesi dengan segala benda berbau Mozart, dan ada juga seorang musisi di Oklahoma yang percaya bahwa roh Mozart bersemayam dalam tubuhnya. Sementara itu, seorang astronot meluncurkan coklat bernama “Mozartkugeln” ke luar angkasa. Dan tentunya keunikan ini tidak lengkap tanpa kehadiran orang-orang yang percaya bahwa Mozart masih hidup sampai sekarang!
bagus. pembuat filmnya cukup niat dalam nyari orang-orang macam ini. dan sinematografinya cukup apik. selain itu editingnya juga oke. mengingat ini film dokumenter tapi kalo ditonton malah engga kayak film dokumenter. sejauh film-film dokumenter yang pernah gue tonton, ini yang paling bagus, karena cukup rapi dan niat ngegarapnya.

yang gue suka adalah, di film ini kan ada sekitar 4-5 cerita gi…

Marie Antoinette

Image
Sobekan Tiket Bioskop kedua pada tanggal 12 Desember 2006 adalah salah satu film yang gue tunggu2 yaitu Marie Antoinette.

Marie Antoinette (Kirsten Dunst) yang adalah seorang putri dari Austri dinikahkan dengan Louis Auguste dari Perancis untuk mendekatkan hubungan antara Austria dengan Perancis. pada tahun-tahun awal pernikahan, Antoinette cukup frustasi karena suaminya tidak pernah menyentuhnya saat di atas kasur sedangkan tuntutan untuk segera mempunyai seorang anak terus bertubi-tubi. dan terlihat Antoinette yang sempat bosan dengan rutinitas istana yang begitu monoton. setelah Raja Louis XV meninggal dunia, takhta segera jatuh ke tangan Louis Auguste dan menjadi Louis XVI didampingi oleh Antoinette sebagai Ratu. sebagai seorang ratu, Antoinette dikenal sebagai ratu yang cukup menghabis-habiskan uang kerajaan dan berpengaruh kepada kemiskinan rakyat Perancis. dan akhirnya Penjara Bastille sebagai lambang kekuasaan raja pun runtuh oleh pemberontakan rakyat terhadap raja.

it's a…

Black Gold

Image
Sobekan Tiket Bioskop pada tanggal 12 Desember 2006 adalah Black Gold yang merupakan film dokumenter dan dapat ditonton tanpa biaya alias gratis.

bercerita tentang Ethiopia, yang merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. namun negara tersebut tetap saja miskin adanya. pembuat film pun mencoba untuk menyelidiki dimana letak ketidakadilan yang membuat petani kopi tetap saja miskin.

film ini cukup dramatis dengan menggambarkan kedua kehidupan yang sangat kontras, kehidupan para konsumen kopi di negara maju dan kehidupan petani kopi di Ethiopia. bahwa ternyata produk kopi Ethiopia telah kalah bersaing dengan produk kopi dari negara lain. selain itu juga harga beli yang sangat rendah terhadap kopi hasil panen para petani di Ethiopia juga mempengaruhi. bahkan Starbucks memasok biji kopinya dari suatu kota di Ethiopia. tetapi Starbucks yang begitu maju pesat tidak didukung oleh perekonomian dan kehidupan petaninya yang masih saja miskin. selain itu juga peraturan perdagan…

The Tiger and The Snow

Image
Sobekan Tiket Bioskop ketiga pada tanggal 11 Desember 2006 adalah The Tiger and The Snow karya Roberto Benigni, dari Italia. sebenernya ni film udah gue tonton di bioskop, tapi rasanya worth it aja kalo gue nonton lagi untuk kedua kalinya.

bercerita tentang Attilio (Roberto Benigni) yang telah cerai dari istrinya, Vittoria (Nicoletta Braschi) menjalani kehidupannya sebagai seorang guru puisi. tetapi Attilio tidak dapat melupakan Vittoria dengan mudah dan terus mencoba untuk kembali mendapatkannya. berteman baik dengan Fuad (Jean Reno), seorang pujangga asal Irak, Fuad mengabarkan bahwa Vittoria yang sedang berada di Irak jatuh sakit dan mengalami koma. bersamaan dengan meletusnya serbuan AS ke Irak, dengan segala cara Attilio mencoba mencapai Irak. setelah menemui Vittoria yang tak sadarkan diri, Attilio dengan segala cara mencoba untuk menyembuhkan Vittoria ditengah-tengah gempuran AS di Irak.

walaupun ini adalah kali kedua gue nonton, tapi gue tetep bisa ketawa ngakak. yup, ciri kh…

The Ninth Day

Image
Sobekan Tiket Bioskop yang kedua pada 11 Desember 2006 adalah The Ninth Day, film dari Jerman.

film ini bercerita tentang seorang pastor yang berada di dalam kamp konsentrasi Nazi. suatu saat pastor tersebut dibebaskan dan dapat pulang ke kampung halamannya, Luxemburgo hanya dalam waktu 9 hari. ternyata dibebaskannya pastor tersebut mengemban sebuah tugas yang berat. pastor tersebut diancam oleh Nazi untuk meyakinkan Uskup Luxemburgo agar beraliansi dengan Nazi untuk memuluskan jalan Nazi dalam menguasai Vatikan. pastor tersebut pun menghadapi sebuah dilema, apakah ia akan mengkhianati iman yang dianutnya atau mengkhianati rekan-rekannya di kamp konsentrasi.

ini salah satu film yang gue tunggu2 di jiffest, knapa? karena gue suka film2 bertemakan Nazi. dan tidak hanya itu, ternyata film ini juga mengandung unsur Katolik. yap, lengkap sudah. kedua unsur favorit gue tergabung dalam satu film ini. yup, film ini sempat membahas soal Yudas Iskariot, murid yang mengkhianati Yesus. dan film i…

Historias Minimas

Image
Sobekan Tiket Bioskop edisi Jiffest tertanggal 11 Desember 2006 berjudul Historias Minimas, film dari Argentina...btw ini free loh...jadi pertunjukan film khusus hari ini free smua...yeah...

film ini memiliki tiga buah cerita yang saling pararel satu sama lain. seorang ibu rumah tangga yang menang kuis dan harus pergi ke kota, kakek yang mencari anjingnya, dan seorang pria yang membelikan kue untuk kekasihnya. mereka bertiga ini pergi ke kota yang sama dan berusaha untuk mewujudkan impian mereka. pada akhirnya impian mereka pun terwujud dengan bentuk yang tidak mereka duga.

bagus. yup, film ini cukup penuh dengan makna. sinematografinya pun cukup apik. dan kelebihan film ini adalah, setiap adegannya mampu menangkap hal-hal detail. selain itu cukup banyak pemandangan bagus yang dapat dilihat disini. dari segi cerita, seperti film2 khas jiffest lainnya, film ini mengambil cerita yang cukup simpel dan kadang-kadang terlewat saja dari mata kita. tentang seorang ibu rumah tangga yang akhir…

All The King's Men

Image
Sobekan Tiket Bioskop edisi spesial Jiffest untuk tanggal 10 Desember 2006 adalah All The King's Men.

bercerita tentang seorang politisi, Willie Stark (Sean Penn) yang berjuang dan akhirnya mendapatkan posisi Gubernur Louisiana. jabatan tersebut diraih berkat bantuan dari seorang jurnalis terkenal, Jake Burden (Jude Law). namun setelah Willie menjadi seorang gubernur, ia malah menjadi tamak dan itu membuat Jake menjadi lawan politiknya. ketamakan Willie pun semakin menjadi saat ingin menyingkirkan ayah dari Jake (Sir Anthony Hopkins).

sejujurnya gue kurang ngerti ama ni film. selain gara2 ga ada subtitlenya sama skali, film ini juga politik banget. knapa gue milih pilm ini hanya gara2 film ini menampilkan banyak bintang2 Hollywood sperti, Sean Penn, Jude Law, Sir Anthony Hopkins, Kate Winslett, sampe Mark Rufallo. namun didukung oleh banyak bintang Hollywood ternyata kurang membuat cerita menjadi cukup menarik dan malah film ini menjadi cenderung membosankan. tetapi tampaknya sa…

Cafe Transit

Image
Sobekan Tiket Bioskop edisi spesial Jakarta International Film Festival 2006 kali ini dibuka dengan film Cafe Transit, film asal Iran. tertanggal Sabtu, 9 Desember 2006.

bercerita tentang seorang janda yang baru saja ditinggal oleh suaminya dan bersikeras untuk mempertahankan kafe peninggalan suaminya. tidak hanya itu, kakak iparnya juga bersikeras untuk mengawini dia karena merasa bertanggung jawab dan ingin menghidupi janda tersebut beserta anak-anaknya. tindakan mengawini istri dari saudara kandungnya yang sudah meninggal memang sudah menjadi tradisi tersendiri bagi warga setempat. sementara janda tersebut terus menolak tawaran kakak iparnya, ia pun membuka kafe transit tersebut. kafe tersebut terletak di jalan raya dan sering menjadi tempat transit bagi pengemudi-pengemudi truk lintas negara. dalam sekejap kafe tersebut pun menjadi ramai. namun sang kakak ipar yang iri hati pun menutup kafe tersebut dan tetap memaksa untuk mengawini si janda.

film ini kurang lebih bercerita bagaim…

Deja Vu

Image
Sobekan Tiket Bioskop pertama di bulan Desember ini adalah Deja Vu...tertanggal 2 Desember 2006 bertempat di LaPiazza, Kelapa Gading... langsung ajah yeh!!

sebuah kapal feri berisi sekitar 500 orang Marinir dan penduduk sipil meledak oleh bom...seorang agen ATF, Doug Carlin (Denzel Washington) ditugaskan untuk menginvestigasi kejadian tersebut...dibantu oleh agen FBI, Andrew (Val Kilmer), Doug diperkenalkan dengan sebuah teknologi baru yang dapat melihat kejadian 4 hari yang lalu dengan satelit untuk menemukan sang teroris, Caroll Oerstadt (Jim Caviezel)...ternyata seorang wanita juga terlibat dalam aksi pengeboman tersebut, setelah jasadnya ditemukan satu jam lebih awal sebelum pengeboman...misi untuk menangkap Caroll pun menjadi melebar fokusnya karena ambisi Doug untuk menyelidiki kematian wanita tersebut...

yup...plot yang cukup simpel...good sound effect dan nice sinematography...

pendapat gue mengenai film ini adalah...SO HOLLYWOOD!!!SO FICTION!! SO SCI-FI!! yeah...kurang masuk…