09 May 2014
0 kritik

The Past

"Drama sederhana dengan jalan cerita yang kompleks akan reaksi berantai yang destruktif akibat satu aksi kecil"

Ahmad, seorang pria asal Iran, datang ke Paris setelah 4 tahun meninggalkan istrinya, Marie, yang berkewarganegaraan Perancis dan seorang putri. Kedatangannya yang dengan maksud untuk menyelesaikan prosedur perceraian, menemukan bahwa Marie sedang menjalani hubungan dengan seorang pria asal Iran, Samir, yang punya seorang putra dan istri yang sedang dalam keadaan koma. Hubungan antara Ahmad-Marie-Samir yang sudah cukup kompleks, semakin rumit lagi ketika putri tertua dari Ahmad yang menyalahkan ibunya atas hubungannya dengan Samir yang menyebabkan istri dari Samir mengalami koma.

Ini adalah perkenalan kedua gue dengan film dari sutradara/penulis naskah Asghar Farhadi, setelah A Separation (2011) yang sukses besar di berbagai penghargaan di seluruh dunia. Gaya penulisan dan bercerita yang ada dalam A Separation, masih diangkat dan dikembangkan lebih lanjut dalam The Past. Kompleksitas jalan cerita serta bagaimana aksi dari satu karakter dapat mempengaruhi jalan hidup satu karakter lainnya, dan bahkan secara tidak langsung mempengaruhi semua karakter yang ada di sekitarnya. Sebuah aksi kecil yang dengan niat negatif, ternyata dapat menjadi reaksi berantai yang destruktif terhadap hidup banyak orang.



Walaupun mengambil lokasi di Paris, tapi Asghar Farhadi tidak tergoda untuk mengangkat hal-hal klise tentang romantisme Paris ke dalam filmnya. Dia tetap fokus pada permainan interaksi antar karakter-karakter yang diciptakannya, serta jalan cerita yang pada akhirnya akan mengubah jalan hidup dan prinsip masing-masing karakter. Dari sebuah ide cerita sederhana, dengan jalan cerita yang sangat biasa kita temui di dunia nyata sehari-hari, ternyata tetap menarik dan menjadi bahan studi karakter yang menarik.

Tensi yang ada pada The Past memang tidak sekuat yang ada dalam A Separation. Permasalahannya pun memang tidak terlalu masif. Namun fokus pada permasalahan dua keluarga, The Past jelas mengupas jauh lebih dalam, terutama jika melibatkan anak-anak - baik anak remaja maupun anak kecil. Film ini jelas memperlihatkan apa efek langsung dan tidak langsung dari perceraian dan perselingkuhan dari sudut pandang anak. Mulai dari kenakalan, hiperaktif, hingga perasaan tidak nyaman untuk pulang ke rumah.


Secara keseluruhan, The Past adalah sebuah film drama dengan karakter yang sangat kuat dan gaya bercerita yang sangat menarik. Meskipun drama, tetapi setiap twist yang dibuka perlahan-lahan di seperempat film terakhir efektif membuat penonton geleng-geleng kepala. Lebih dalam dari itu, ini adalah sebuah film yang cukup deskriptif dalam menggambarkan riuh-rendahnya kehidupan berkeluarga dengan gaya liberal yang akrab ditemui di negara-negara maju.



France / Italy / Iran | 2013 | Drama / Arthouse | 130 min | Aspect Ratio 1.85 : 1

Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop versi Europe on Screen tanggal 9 Mei 2014 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top