02 May 2014
0 kritik

Locke

"Film yang sederhana, namun mampu menyedot atensi dan emosi lewat kekuatan karakternya"

Ivan Locke adalah seorang manajer konstruksi yang sedang menghadapi pengecoran pondasi terbesar di Eropa. Di akhir shift-nya, ia masuk mobil, mulai mengemudi selama satu setengah jam dengan tujuan akhir London. Di sepanjang perjalanannya, ia menerima dan melakukan panggilan telepon yang menjelaskan mengapa ia tidak pulang ke rumah. Dalam satu malam dan sederetan panggilan telepon, hidup Locke akan berubah untuk selamanya.

Locke adalah sebuah film dengan pengalaman sinematik yang unik dan menarik. Jika anda suka dengan Buried (2010), film yang sepanjang film hanya di syut dalam kotak, namun mampu membuat imajinasi penonton jauh keluar dari kotak hanya lewat suara panggilan telepon, maka Locke adalah film yang tepat untuk anda. Sepanjang 85 menit, penonton hanya akan mengikuti Ivan Locke yang beraksen Welsh di dalam mobilnya menjawab berbagai panggilan telepon. Namun, bila sel-sel otak anda aktif, berbagai panggilan telepon itu akan membuat anda semua memvisualisasikan ekspresi, emosi, hingga suasana yang ada dibalik telepon.





Sepanjang film memang bersetting di dalam mobil saja, dengan deretan insert clip yang indah dan sinematis. Namun atensi dan kekuatan emosi yang ada dalam film ini dapat menarik penonton ke dalam kekalutan yang sedang dialami oleh Ivan Locke. Setiap karakter suara yang ada di balik telepon Ivan Locke, sangat berhasil mengaktifkan otak bagian occipital lobe yang bertugas untuk mengaktifkan berbagai imajinasi dan visualisasi - bahkan dari kejadian atau suasana yang belum pernah kita saksikan. Sama halnya seperti bagaimana anda sedang membaca novel dan kemudian dapat membayangkan setting, emosi, bahkan karakter yang ada dalam buku. Apalagi dalam film Locke, penulis naskah sekaligus sutradara Steven Knight dengan cerdas memasukkan bagaimana karakter suara tersebut menjelaskan kondisi mereka; entah di balik selimut, berlari di jalan, hingga di kamar yang gelap.

Locke jelas adalah film milik Tom Hardy. Kekuatan karakternya jelas menjadikan Tom Hardy sebagai salah satu aktor yang harus diperhitungkan. Karakter Ivan Locke yang dibawakannya, jelas akan membuat penonton secara otomatis melupakan peran-peran lawasnya seperti Bane atau Eames. Jelas merupakan hasil dari kerja kerasnya, mengingat kabarnya film ini "hanya" disyuting selama 5 hari dengan 2x take tanpa putus setiap malam, dikelilingi oleh 3 kamera sekaligus. Belum lagi karakter-karakter dibalik telepon yang sangat kuat walau hanya dalam bentuk suara, namun dapat menyedot emosi penonton.


Ini adalah sebuah film dengan konsep yang sangat menarik, sederhana namun sangat kuat dalam karakterisasi. Tidak heran jika film ini dapat melahirkan diskusi panjang mengenai setiap karakter yang ada, atau menjadi sebuah film studi karakter yang apik.



UK / USA | 2013 | Drama / Thriller | 85 min | Aspect Ratio 2.35 : 1


Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 2 Mei 2014 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top