03 May 2014
0 kritik

Ernest & Celestine

"Film animasi dengan teknik cat air, yang mengajarkan anak-anak dan dewasa tentang prasangka, kesenjangan sosial, dan identitas individu yang unik"

Dalam film animasi ini, beruang dan tikus hidup terpisah dan saling membenci satu sama lain. Sebagai tikus yang hidup di bawah tanah, Celestine bertugas mengumpulkan gigi-gigi beruang di dunia atas agar dapat menjadi dokter gigi di kemudian hari. Namun Celestine yang berbakat menggambar dan melukis tidak ingin menjadi dokter gigi, yang kemudian membuat ia dikucilkan. Ditambah lagi dengan imajinasinya bahwa beruang dapat berteman dengan tikus.

Sedangkan Ernest, yang juga dikucilkan, hidup miskin dan kelaparan. Suatu hari Ernest dan Celestine bertemu dan saling membantu satu dengan yang lain. Persahabatan mereka dengan cepat ditentang lewat prasangka buruk terhadap masing-masing spesies. Lewat kekuatan persahabatan, Ernest dan Celestine harus melawan prasangka dan stereotip yang ada, baik terhadap beruang maupun tikus.



Diangkat dari buku cerita anak-anak berjudul sama oleh ilustrator Gabrielle Vincent, film ini menggunakan konsep animasi yang sama dengan buku gambarnya; cat air. Animasi cat air ini yang terlihat vintage, dapat memberikan kesan sederhana sehingga memberikan ruang yang cukup bagi para karakter dan ceritanya untuk berkembang. Diiringi oleh scoring yang asyik dan syahdu khas Perancis, menjadikan film ini sebagai film yang manis dan sangat menghangatkan hati.


Buku Ernest & Celestine yang diterbitkan tahun 1980an jelas bercerita mengenai kesenjangan sosial dan prejudice yang ada di masyarakat terhadap salah satu golongan sosial. Mungkin buku tersebut terinspirasi oleh situasi dan keadaan yang ada pada masa tersebut. Yang jelas, setelah diadaptasi dalam bentuk film animasi, rasanya isu sosial ini masih saja relevan di era modern ini. Apalagi masing-masing karakter Ernest dan Celestine yang masing-masing memiliki bakat terpendam, namun kurang lumrah di pandangan masyarakat, yang masih menghargai pekerjaaan utama semacam dokter atau pengacara.


Pesan dalam film ini cukup jelas untuk diterima oleh anak-anak. Dengan porsi humor yang cukup, gue yakin anak-anak dapat mengerti bahwa mengembangkan bakat - terutama di bidang seni - itu penting. Lebih dalam lagi, menjadi berbeda di mata masyarakat adalah bukan hal yang salah. Termasuk berteman dengan kelas sosial yang berbeda dan memiliki stereotip buruk di mata kelas sosial lainnya.



France / Belgium | 2012 | Animation | 80 min | Aspect Ratio 1.85 : 1

Rating?
8 dari 10

Nominated, Best Animated Feature, Academy Awards, 2014

Won, Directors' Fortnight - Special Mention, Cannes Film Festival, 2012


- sobekan tiket bioskop versi Europe on Screen tanggal 3 Mei 2014 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top