02 February 2016
0 kritik

The Finest Hours

"Film heroik inspiratif namun dengan porsi drama yang cenderung berlebihan"

Bulan Februari 1952, badai besar membelah kapal tanker besar menjadi dua bagian. Ketika bagian depan tenggelam, bagian belakang secara ajaib dapat mengapung selama beberapa jam. Empat penjaga pantai pemberani pun berusaha menyelamatkan kru kapal tanker tersebut, dengan menembus ombak besar. Ketika kapasitas kapal mereka hanya cukup untuk 12 orang, mereka harus menyelamatkan 32 orang penyintas.

Bukan Disney namanya kalau tidak memproduksi film-film yang penuh pesan positif akan mengalahkan segala tantangan dan berakhir bahagia. Seberapa berat pun tantangannya, para jagoan kita di layar lebar akan menghadapinya dengan gagah berani - tanpa ragu! Inilah yang digambarkan The Finest Hours selama dua jam kurang tiga menit, meski cenderung klise dan overdramatis. Adegan gagah-gagahan sih memang oke, tetapi banyak segmen drama yang kurang penting untuk ditampilkan dan cenderung menurunkan atmosfer.



Efek visualnya memang cukup meyakinkan di layar 2D, tapi rasanya ini bukan jenis film yang bisa dinikmati dalam format 3D apalagi Large Picture Format. Efek suaranya juga tidak menonjolkan suatu apapun selain suara badai dan ombak. Chris Pine pun tampil diluar patokan karakternya selama ini, dengan memerankan karakter yang kaku, cenderung geek, dan sangat patuh pada perintah dan aturan. Namun gue paling dibuat kecewa dengan porsi Ben Foster yang hanya segitu saja, meski dengan karakter andalannya yang aneh dan diluar batas normal. 

Niat baik Disney untuk menceritakan ulang kisah nyata ini memang cukup berhasil ketika pesan yang ingin disampaikan diterima baik oleh penonton. Kisah empat penjaga pantai ini memang luar biasa berani; mereka menerjang ombak-ombak besar meski nyaris tenggelam demi menyelamatkan orang-orang asing. Ditambah lagi dengan resiko menaruh penumpang diatas kapasitas kapal kecil mereka, di tengah cuaca badai untuk kembali ke dermaga. Tidak heran jika di dunia nyata, empat penjaga pantai ini menerima medali kehormatan tertinggi atas tindakan heroik mereka, dan nama mereka pun menjadi legenda di dunia penjaga pantai AS.



USA | 2016 | Action / Drama | 117 mins | Scope Aspect Ratio 2.39 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 2 Februari 2016 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top