25 February 2016
One kritik

Hangman

"Ide yang menarik dengan konsep lama, sebuah alternatif yang sangat baik dalam genre horor"

Sebuah keluarga yang baru pulang dari liburan menemukan bahwa rumahnya telah dibobol dan diacak-acak oleh maling. Setelah diamankan oleh polisi, ternyata kehidupan keluarga tersebut telah dipantau sedemikian rupa oleh si maling. Dalam hitungan hari, keluarga tersebut pun telah menjadi korban yang paling mengerikan dalam sejarah kriminal pembobolan rumah.

Terinspirasi dari kisah nyata, Hangman menjadi gambaran yang sangat mengerikan dalam dunia kriminal pembobolan rumah. Bahkan bisa dibilang, menonton film ini lebih mengerikan dibandingkan menonton film horor. Dibawakan dari sudut pandang si maling, atau disebut dengan Hangman, film ini membawa gaya found footage lewat berbagai kamera tersembunyi yang dipasangnya.


Bisa dibilang, Hangman melakukan tribute  - atau malah mocking - terhadap serial Paranormal Activity yang merekam setiap kejadian supranatural lewat kamera CCTV. Hangman pun melakukan hal yang sama, tetapi bukan kejadian supranatural, melainkan aktivitas si maling psikopat yang layaknya penghuni tambahan dalam rumah tersebut. Botol jus yang bisa berpindah ke luar dari kulkas di malam hari, atau rapor jelek si anak yang tiba-tiba muncul di kamar ayah dan ibu, bukanlah aktivitas supranatural.


Diantara setiap jump scares, film ini memang terkesan membosankan. Bagaimana tidak, kita seakan melihat kegiatan keluarga dengan dua anak yang sangat normal dan tidak ada yang menonjol. Tetapi justru itu yang membuat film ini menjadi mengerikan dalam takaran tertentu. Bahwa tindakan kriminal semacam ini dapat dialami oleh siapa saja, entah kesehariannya yang sangat normal atau cenderung tidak menarik bagi orang lain. 

Hal menarik lainnya mungkin adalah karakter psikopat dari si maling yang dibangun dengan cukup baik dalam film ini. Mungkin ini sebabnya film ini dibawakan dari sudut pandang si Hangman, yang setiap waktu mengintai keseharian setiap anggota keluarga ini - baik lewat CCTV atau mengikuti kemana pun mereka pergi. Ketidakstabilan emosinya, bisa menjadi jawaban dari motif kejahatan yang ia tekuni selama ini. Secara keseluruhan, Hangman memang menawarkan konsep menarik dalam konteks film found footage. Film ini juga menggambarkan bahwa bisa jada tindakan kriminal semacam ini dapat terjadi pada siapapun, sehingga ini menjadi peringatan yang sangat baik. 


UK | 2015 | Thriller | 85 mins | Flat Aspect Ratio 1.85 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 25 Februari 2015 -

1 kritik:

  1. Ngeri juga premisnya... gak mau nonton ah :D

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top