29 January 2016
0 kritik

The Program

"Biopik anti-hero yang membuka mata tentang pebalap sepeda yang tersandung kasus doping"

Drama biopik yang berkisah tentang Lance Armstrong, seorang atlet pembalap sepeda yang terkenal karena menjuarai Tour de France selama tujuh tahun berturut-turut; dari tahun 1999 hingga tahun 2005. Apalagi kemenangannya yang pertama adalah ketika ia baru sembuh dari kanker testis ganas yang nyaris merenggut nyawanya. Dengan pengalaman dan gelar juaranya, ia mendirikan yayasan kanker Livestrong yang mengumpulkan dana untuk penelitian obat kanker. Namun semua kejayaan tersebut harus hancur seketika ketika seorang wartawan Irlandia menyelidiki Lance tentang penggunaan doping. Ketika tuduhan itu terbukti, tujuh gelar juara Tour de France milik Lance dicopot.

Kisah nyata dengan tokoh utama yang anti-hero ini menjadi eye-opening bagi publik tentang kasus doping di dunia olahraga. Diperankan dengan sangat baik oleh Ben Foster, mungkin akan membuat penonton menjadi melihat sisi lain seorang Lance Armstrong - yang konon memang memiliki masalah emosional. Yes, Ben Foster rasanya memang cocok untuk memerankan karakter yang antagonis ataupun labil seperti ini. Sulit untuk merasa bosan selama 103 menit karena film ini menceritakan kisahnya dengan sinematografi yang menarik. Meski banyak menyajikan dialog, tetapi teknik sinematografi yang digunakan seakan membuat penonton tetap berdegup kencang seperti sedang menyajikan balap sepeda tanpa henti.



Film ini "terinspirasi" dari buku karangan si jurnalis Irlandia yang membongkar skandal doping Lance Armstrong; Seven Deadly Sins: My Pursuit of Lance Armstrong. Tetapi sutradara Stephen Frears menggambarkan dengan seksama bagaimana program doping yang sangat sistematis itu dijalankan oleh Lance dan teman-teman satu timnya. Bagaimana mereka menyuntikkan berbagai obat penguat stamina dengan dosis tertentu, dan cara mengakali setiap tes anti-doping dari berbagai lembaga yang berbeda. 

Biografi Lance Armstrong sendiri memang menarik. Ia adalah pebalap sepeda yang bertalenta, tetapi sayangnya pertemanannya dengan seorang dokter medis, Dr. Michele Ferrari berbuah menjadi skandal doping yang paling profesional dan tersistematisasi. Perjuangannya melawan kanker memang menjadikan Lance sebagai inspirasi bagi banyak orang penderita kanker untuk terus dapat berjuang hidup. Namun apa yang akan terjadi jika hasil perjuangannya ternyata adalah buah dari kecurangan? Berapa juta orang penderita kanker yang akan kecewa menyaksikan idolanya ternyata adalah seorang penipu?


Secara keseluruhan, The Program menjadi film yang menarik karena tidak saja mengenalkan penonton awam tentang olahraga balap sepeda, tetapi juga berbagai skandal yang terlibat di dalamnya. Gue cukup geleng-geleng kepala ketika melihat organisasi balap sepeda sendiri tutup mata terhadap skandal doping yang ada, demi popularitas perlombaan di depan mata sponsor dan iklan. Dramanya cukup seru untuk dinikmati, dan durasi 103 menit pun tidak terasa.



USA | 2015 | Biography / Drama / Sport | 103 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 29 Januari 2016 disponsori oleh IDFilmCritics dan BookMyShowID -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top