05 January 2016
0 kritik

In The Heart of the Sea

"Adaptasi kisah nyata dengan naskah yang tidak sedalam lautannya"

Diadaptasi dari cerita yang menginspirasi kisah Moby Dick, film ini bercerita tentang tragedi kapal pemburu paus yang ditenggelamkan oleh paus raksasa. Pada musim dingin tahun 1820, kapal Essex bertolak ke lautan Pasifik untuk mengumpulkan minyak ikan paus sebanyak-banyaknya. Para kru kapal yang selamat dengan perahu, harus bertahan hidup selama berhari-hari hingga melewati batas kemanusiaan. Lewat badai ganas, kelaparan, dan putus asa, mereka mempertanyakan kembali keyakinan dan moralitas masing-masing.

Diadaptasi dari buku In the Heart of the Sea: The Tragedy of Whaleship Essex yang ditulis oleh Nathaniel Philbrick pada tahun 2000, kisah ini adalah kisah nyata yang dialami oleh Owen Chase pada tahun 1820. Kemudian kisah ini dijadikan kisah fiksi Moby Dick yang terkenal oleh pengarang Herman Melville. Bagi para penonton awam, kisah Owen Chase ini menjadi menarik untuk setidaknya menelisik mengenai mengapa manusia di abad ke-19 begitu terobsesi pada minyak ikan paus sehingga mempopulerkan perburuan ikan paus di lautan lepas.



Di tangan Ron Howard sebagai sutradara spesialis film-film biografi, sayangnya In the Heart of the Sea menjadi film medioker karena naskah yang cukup lemah dan efek visual yang tidak meyakinkan. Meski Owen Chase dan Kapten George Pollard berlayar ke lautan dalam, ternyata naskah yang ada tidak sedalam itu. Praktis, kisahnya hanya seputar apa yang terjadi secara permukaan, tanpa kedalaman karakter yang berarti. Selain itu, kualitas efek visualnya masih jauh dibandingkan dengan film-film petualangan laut lainnya.

Meski hasilnya dibawah ekspektasi, pengalaman menonton film ini jelas lebih baik di bioskop ketimbang layar kecil di televisi atau komputer. Biar bagaimanapun, visual si paus putih yang menjadi "karakter antagonis" utama dalam film ini tetap menarik untuk disaksikan di layar sebesar mungkin. Setiap kemunculannya di layar memang kurang dibangun tensinya dengan baik, tetapi menarik untuk melihat interaksinya dengan para awak kapal.


USA | 2015 | Action / Adventure / Biography | 122 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 5 Januari 2016 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top