13 January 2016
0 kritik

The Big Short

"Meski dengan topik sulit dan serius, film ini dikemas dengan baik dan ringan lewat humor dan cara yang tidak biasa"

Berdasarkah kisah nyata yang menceritakan beberapa orang yang dapat memprediksi kejatuhan pasar properti di AS dua tahun sebelum krisis ekonomi global mengguncang dunia pada tahun 2008. Film ini mengisahkan 3 kisah yang berbeda tentang sekelompok orang yang dapat melihat bahwa ada gelembung besar dalam pasar properti. Diawali oleh Michael Burry sebagai yang pertama bisa melihat dan menganalisa yang terjadi. Ketika jajaran direktur dan semua bank tidak mempercayainya, beberapa orang yang cukup cerdas dan selama ini skeptis dengan Wall Street yakin bahwa yang diperkirakan oleh Michael Burry akan terjadi. Bahkan mereka menjadi semakin skeptis terhadap Wall Street ketika semakin dalam mereka menggali, segala macam skema hitam semakin terkuak.

Ketika The Wolf of Wall Street (2013) telah memberi standar baru bagaimana mengemas "film ekonomi" menjadi sangat user friendly, The Big Short jelas menepati standar tersebut dengan sangat baik. Memang film ini tidak dapat menghindari berbagai istilah ekonomi yang sangat asing bagi telinga awam, tetapi gue dibuat sukses tertawa-tawa dan having fun selama 130 menit. Total fun! Bukan hanya segala macam humor yang dilempar setiap lima menit, tetapi juga cara yang tidak biasa untuk menjelaskan istilah ekonomi yang sulit. Yes, bakal ada seleb Hollywood seksi yang berbicara menatap kamera untuk menjelaskan jargon-jargon sulit.



Sutradara dan penulis naskah Adam McKay jelas tahu bagaimana memanjakan penontonnya yang mungkin akan mudah bosan dengan topik yang sulit dipahami ini. Dengan cerdas, ia juga memberikan selingan dalam narasi lewat kumpulan footage yang dijahit menjadi satu sebagai analogi dramatis dan konyol untuk menggambarkan cerita yang sedang terjadi. Bahkan ada potongan film pendeknya yang diperankan oleh anaknya dan Will Ferrell yang sempat tenar di youtube dengan "I want my money!".

Selain itu, Adam McKay juga banyak memberikan musical cue yang sangat familiar di telinga banyak orang. Mulai dari Gorillaz hingga Guns 'N Roses, mulai dari Gnarls Barkley hingga Led Zeppelin. Bahkan ia juga memasukkan potongan video klip ke dalam rangkaian footage tadi, untuk memberi tekanan pada analogi yang sedang digambarkan. Ini hal yang juga digunakan oleh Martin Scorsese dalam The Wolf of Wall Street dengan banyak memasukkan soundtrack rock klasik untuk memberi jembatan kepada penonton awam yang mungkin merasa terasing dengan kisah yang dibawakan.


Ya ya ya, Christian Bale, Ryan Gosling, Steve Carell, dan Brad Pitt memang ada untuk menarik penonton awam. But hey, they did a great job. Masing-masing dari mereka tampil meyakinkan, bahkan tidak menenggelamkan antara yang satu dengan yang lain. Christian Bale seperti biasa tampil one man show dengan sangat baik. Ryan Gosling menandai kembalinya ia dalam dunia akting setelah hiatus dari tahun 2013, dan kembali tampil bersama Steve Carell dan Marissa Tomei setelah Crazy, Stupid, Love (2011). Brad Pitt yang tampak cukup effortless memerankan karakter yang senior dan kelewat bijak, seakan mengimbangi dengan baik lawan mainnya yang berusia jauh dibawahnya.

Secara keseluruhan, The Big Short adalah sebuah film dengan topik sulit - bahkan menurut gue lebih sulit ketimbang The Wolf of Wall Street - namun gue masih sangat bisa menikmatinya dengan baik. Gue tidak melakukan riset atau pembelajaran apapun terhadap istilah-istilah dasar sebelum menonton film ini, dan gue keluar bioskop dengan tambahan pengetahuan baru terhadap pasar properti dan istilah-istilahnya. Penjelasannya sangat baik dan cerdas, serta dikemas dengan cara yang mudah ditangkap. Selain itu, film ini juga tidak hanya menyuarakan kebenaran yang terjadi di balik krisis ekonomi global tahun 2008, tetapi juga berhasil menjadi sebuah film yang menghibur!


USA | 2015 | Drama / Biography | 130 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Won for Best Adapted Screenplay (Charles Randolph, Adam McKay), Nominated for Best Motion Picture, Best Supporting Actor (Christian Bale), Best Directing (Adam McKay), Best Editing (Hank Corwin), Academy Awards, 2016

Nominated for Best Motion Picture Comedy/Musical, Best Screenplay (Charles Randolph, Adam McKay), Best Actor Comedy/Musical (Christian Bale), Best Actor Comedy/Musical (Steve Carell), Golden Globes, 2016

Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 13 Januari 2016-

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top