28 July 2010
One kritik

Salt

9:40 PM
sobekan tiket bioskop kesepuluh di bulan Juli 2010 tertanggal 28 Juli 2010 adalah Salt. terakhir kali gue melihat Angelina Jolie berakting di layar lebar adalah ketika ia menjadi salah seorang jagoan yang memilik bakat membelokkan peluru di Wanted (2008). rasanya film kali ini akan mengobati kerinduan penonton (baca: gue ;p) untuk kembali menikmati akting dari Jolie.

bercerita tentang Evelyn Salt (Jolie), seorang agen CIA yang dibebaskan setelah tertangkap di Korea Utara. dua tahun kemudian ia bertemu dengan agen Rusia yang menuduh dirinya adalah mata-mata Rusia. kemudian Salt pun berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan kepada siapa dirinya berpihak.

film dengan tema seorang agen yang dituduh membahayakan keamanan negara memang bukan cerita baru. film dengan tema agen ganda juga bukan cerita baru. film yang dibuka oleh seorang agen yang dituduh membahayakan keamanan negara dan dikejar-kejar oleh pemerintah di seantero kota juga rasanya bukan adegan pembuka yang baru. setidaknya itu yang gue rasakan saat menonton seperempat awal film ini.
disaat gue sudah mau memberikan keputusan "ah-ga-ada-yang-baru!", film ini menghindari keputusan gue tersebut dengan memelintir plot di tengah cerita yang membuat gue berdecak "wowh!". dan disaat gue mau memberikan keputusan "wah-film-ini-beda!", gue kembali diberi kejutan di ending film ini.

ya memang, kejutan di tengah film tersebut yang membuat film ini beda dari film-film spionase lainnya. namun kejutan di akhir film kembali mengembalikan film ini pada lajur bagaimana film spionase harus ditutup. meskipun gue akui tidak ada ending yang lebih baik.

berhubung judul film ini adalah nama belakang dari si agen CIA, Evelyn Salt, maka titik berat film ini terletak pada karakter utama tersebut. mengenal karakter Salt, hanya satu kata yang muncul di kepala gue; dingin. dengan masa kecil yang suram dan melalui masa-masa pelatihan menjadi seorang agen berbakat, khususnya dalam perkelahian jarak dekat, Jolie dengan apik menghidupkan karakter Salt yang dingin dan misterius. apalagi dengan rekam jejak Jolie dalam film-film aksi yang pernah ia bintangi, tampaknya tak sulit bagi dia untuk lihai menggunakan senjata dan melompat kesana kemari untuk menghindari kejaran musuh. ada pula kabar bahwa Jolie sendiri yang melakukan kebanyakan adegan stunt.
satu lagi hal yang menarik perhatian gue, film ini menyiratkan cerita mengenai agen Rusia yang telah berhasil menyamar dan hidup bertahun-tahun di AS. film dengan cerita seperti itu rasanya muncul tak lama setelah pemberitaan di media masa mengenai agen Rusia yang tertangkap setelah hidup, dan bahkan menikah, selama bertahun-tahun di AS. sayang gue engga menemukan informasi kapan tepatnya film ini dibuat, karena kalau film ini dibuat lama sebelum pemberitaan tersebut maka hal tersebut akan menjadi hal yang menarik.

rating?
6,5 of 10

1 kritik:

  1. ini kabar soal agen spion Rusia yang ditangkap di AS Juni kemarin, Mo:
    http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=68914

    koinsiden? :)

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top