25 May 2016
0 kritik

Criminal Activities

"Drama kriminal yang ternyata cukup menghibur, dengan twist ending yang menyelamatkan keseluruhan filmnya"

Empat sekawan berkumpul kembali pada saat pemakaman salah seorang teman SMA. Dihadapkan pada kesempatan investasi saham yang dijanjikan akan menguntungkan, ternyata malah menjadi buntung. Dana investasi yang ternyata dipinjam dari seorang mafia, menuntut mereka untuk melakukan satu tindakan kriminal sebagai bayaran hutang mereka. Satu tindakan kriminal mereka ternyata memiliki efek berantai terhadap hal lain, dan membuat segala hal menjadi jauh dari beres.

Ternyata Criminal Activities jauh dari kata buruk. Keempat protagonisnya memang tidak familiar, tetapi masih ada John Travolta yang menyegarkan layar setiap kali ia muncul pada layar. Ide ceritanya memang bukan suatu hal yang baru, dan praktis berisi hal-hal yang sudah pernah anda lihat sebelumnya. Plot investasi saham yang jatuh mungkin akan paralel dengan film yang akan rilis minggu ini; Money Monster (2016) tapi dua film ini memang berdiri di genre yang berbeda.


Harus gue akui, keempat protagonisnya sama sekali sulit untuk mengundang simpati dari penonton. Wajah-wajah yang tidak familiar terbukti dapat mengundang simpati jika digambarkan dengan baik. Sayangnya, tidak dalam film ini. keamatiran dalam melakukan tindakan kriminal memang menjadi komikal dan bahan tertawaan penonton. Tetapi derita yang dialami oleh empat sekawan ini tampak berlalu saja.


Meski trailer dan posternya tampak seperti film kelas B, tetapi ternyata film ini dibungkus dengan visual yang menarik. Gaya editing rough cut dan suntikan berbagai soundtrack yang penuh hentakan jelas menaikkan nilai hiburan dalam film ini. Belum lagi penampilan beberapa tokoh mafia yang sangat klise, absurd, dan formulatif yang lagi-lagi menjadi bahan tertawaan penonton juga turut menghibur.

Criminal Activities jelas diselamatkan oleh ending dengan twist yang cerdas. Tanpa twist tersebut, film ini jelas akan jatuh pada film crime drama kelas B yang biasa saja. Akhir film ini jelas akan membuat anda secara tidak sadar mengingat kembali jalan cerita sedari awal tadi. Kemampuannya untuk membuat penonton mengingat kembali setiap detil plot yang pernah terjadi jelas adalah satu hal spesial dalam sebuah film.


USA | 2015 | Crime / Drama | 94 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 25 Mei 2016 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top