04 May 2016
0 kritik

45 Years

"Drama studi karakter yang indah dan memancing pemikiran setelah film usai"

Kate dan Geoff akan merayakan hari ulang tahun pernikahan ke-45 di hari Sabtu. Tetapi di hari Senin, Geoff menerima kabar yang mengejutkan. Mantan kekasihnya yang meninggal dalam sebuah kecelakaan puluhan tahun lalu, baru saja ditemukan jenasahnya. Berita ini pun mengangkat kembali kenangan masa lalu Geoff, dan memporak-pondakan perasaan Kate. Persiapan menuju hari Sabtu pun menjadi tidak semudah seperti apa yang dipikirkan oleh Kate.

45 Years memang tipikal film yang membuat penonton terpaksa untuk menyelami buah pikiran dan perasaan dari karakter utamanya. Nyaris tanpa iringan soundtrack satupun dan minim dialog, seakan memberikan ruang seluas-luasnya bagi penonton untuk merasakan apa yang sedang dialami oleh Kate. Bagi kelompok penonton yang suka dan terbiasa dengan tipikal film sunyi seperti ini, jelas menjadi suatu kepuasan tersendiri untuk sibuk menyelami atmosfer yang ada.

Tipikal film seperti ini juga memberikan banyak shot yang indah. Menempatkan karakter pada satu sudut kecil di layar, yang seakan membaur dengan pemandangan yang indah dan mengagumkan. Atau bahkan sesederhana shot di dalam rumah dengan zoom secara perlahan menuju si karakter yang sedang tenggelam dalam permainan pianonya.


Dalam film ini, penonton benar-benar dibawa untuk menyelami karakter Kate. Mulai dari shot-shot panjang tentang bagaimana Kate menyelami pikirannya sendiri, sampai pada ikut bereaksi seperti reaksi Kate ketika melihat hal-hal yang mengejutkan dirinya. Tidak sulit untuk memahami karakteristik Kate, sebagai seseorang yang telah berusia kurang lebih 60 tahun dan telah mempertahankan pernikahannya hingga mencapai angka 45 tahun. 

Memang butuh waktu untuk dapat seratus persen memahami apa sebenarnya makna dari film ini, bahkan ketika ending credits sudah bergulir di layar. Jika diingat, ternyata sudah banyak petunjuk yang diberikan secara implisit selama 95 menit film ini. Fakta bahwa mereka tidak pernah memiliki anak, dan permintaan maaf yang tulus dari Geoff mungkin dapat menambah bahan pertimbangan untuk memahami apa yang terjadi pada Kate di akhir film.



UK | 2015 | Drama / Romace | 95 mins | Flat Aspect Ratio 1.85 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 4 Mei 2016 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top