The Queen's Gambit - Netflix Series Review


Menurut gue, The Queen’s Gambit adalah series terbaik yang gue tonton di  2020. Unorthodox, Stateless, Criminal, Bly Manor minggir dulu ya. Elizabeth Harmon si child prodigy pemain catur yang gak cuma bakatnya, tapi juga gender yg ngobrakngabrik patriarkis dunia catur tahun 60-an.

The Queen’s Gambit unggul di semua lini, mulai dari naskah yang super solid, teleplay yang asyik dan seru, aktor-aktris yang gokil banget aktingnya, plus scoring yang luar biasa tense padahal “cuma” adegan main catur.

Series ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Walter Tevis tahun 1983, dan kisah fiksi. Tapi dalam adaptasinya ke tv series, banyak terinspirasi dari tokoh-tokoh catur dunia. Jadi setiap adegan kompetisi caturnya terasa nyata banget - dan seru!

Karakter Elizabeth Harmon di series ini menurut gue bisa jadi studi karakter yang ciamik sekaligus holistik. Masa kecil - dan traumanya - digambarkan dengan deskriptif, yang kemudian membentu karakter Beth yang dingin dan seakan apatis, termasuk kecanduan alkohol dan obat-obatan.


Ini juga berkat penampilan gemilang Anya Taylor-Joy, yang menurut gue ini adalah akting terbaik dia semenjak The VVitch. Matanya gede tapi quirky dan awkward sekaligus lovable ini yang nggak nahan. Apalagi kalo lagi fokus ke papan catur, duh!

Gue juga selalu suka dengan cerita di dunia olahraga yang biasanya penuh dengan passion, talent, dan laser focused ke satu bidang. Hal yang kadang suka bikin batas antara passion dan obsesi jadi blur, bahkan nyaris masuk mental illness.


Yang ternyata memang nggak jauh-jauh dari pengalaman (traumatik) masa kecil ya. Lalu terserah penonton deh mau dikasih label blessing or curse. Tapi satu hal yang gue pelajari dari karakter Beth Harmon; courage to be alone.

Begini kata ibunya Beth ke anaknya:
"The strongest person is the person who isn't scared to be alone. It's other people you got to worry about. Before you know it, you're pouring your life out in search of something other people told you to go look for. Someday, you're gonna be all alone, so you need to figure out how to take care of yourself."
Ada embel-embel “limited series” yang artinya, The Queen’s Gambit hanya 1 season berisi 7 episode ini aja. Nggak usah berharap season 2 karena kisah di novelnya juga udah habis di S1 ini. Jadi silakan nikmati apa adanya, kemudian susah move one sama-sama.





----------------------------------------------------------
review film the queen's queens queen gambit netflix series
review the queen's queens queen gambit netflix series
the queen's queens queen gambit netflix series movie review
the queen's queens queen gambit netflix series film review
resensi film the queen's queens queen gambit netflix series
resensi the queen's queens queen gambit netflix series
ulasan the queen's queens queen gambit netflix series
ulasan film the queen's queens queen gambit netflix series
sinopsis film the queen's queens queen gambit netflix series
sinopsis the queen's queens queen gambit netflix series
cerita the queen's queens queen gambit netflix series
jalan cerita the queen's queens queen gambit netflix series

Komentar