01 September 2017
0 kritik

Black Mirror: The Entire History of You - Review

11:21 PM
Di masa depan nanti, setiap orang akan memiliki teknologi chip yang ditanam di kepala untuk merekam apa yang mereka lihat dan dengar - untuk kemudian bisa diputar kembali di mata atau di layar. Sepasang suami istri yang telah memiliki anak pun terlibat konflik rumah tangga ketika, Liam mencurigai Fion memiliki rasa terhadap laki-laki lain. Dengan teknologi tersebut, ingatan dan pengalaman pun dapat diputar kembali dan diselidiki tanpa batas. Resikonya pun menjadi sangat personal dan dilematis; kebenaran yang pahit.

Episode ketiga sekaligus penutup dari musim pertama Black Mirror menjadi jauh lebih personal. Yang disorot penuh adalah kehidupan romansa pasangan suami-istri dengan efek teknologi canggih terhadap hubungan personal mereka berdua. Ini adalah sebuah sudut pandang yang unik dan sederhana, mengingat dengan premis teknologi tersebut bisa saja penulis naskah mengambil sudut pandang kriminal atau peperangan. Tetapi tentunya sudut pandang kisah romansa menjadi sangat mudah untuk kita relasikan mengingat hal tersebut sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.


Film berdurasi 44 menit ini pun menggambarkan apa adanya mengenai apa yang terjadi jika kita mampu melihat kembali (dan melakukan zoom-in) hal-hal yang kita curigai memiliki maksud lebih dari apa yang kelihatan. Bayangkan, jika kita melihat pasangan kita sedang mengobrol seru dengan lawan jenis, ketika di rumah kita bisa memutar kembali penglihatan tersebut di layar televisi dan menyelidikinya secara detil. Di sisi lain, teknologi tersebut memang sangat berguna dalam konteks wawancara kerja untuk melihat kembali apakah calon atasan menyukai kita atau tidak.

The Entire History of You memang menjadi episode penutup musim yang sangat kontemplatif. Secara garis besar, teknologi yang seyogianya dapat membantu memudahkan kehidupan sehari-hari ternyata dapat juga menjadi bumerang bagi diri sendiri. Tingkah laku si suami pun dapat menjadi pengingat yang sangat gamblang mengenai hubungan romansa yang berada dalam situasi dilematis; mengetahui kebenaran atau hidup dalam kebohongan. Namun kebenaran yang didapatkan apakah menjadi harga yang pantas dibandingkan konsekuensi yang diterimanya?

Rating:

----------------------------------------------------------
  • review film black mirror the entire history of you
  • review black mirror the entire history of you
  • black mirror the entire history of you movie review
  • black mirror the entire history of you film review
  • resensi film black mirror the entire history of you
  • resensi black mirror the entire history of you
  • ulasan black mirror the entire history of you
  • ulasan film black mirror the entire history of you
  • sinopsis film black mirror the entire history of you
  • sinopsis black mirror the entire history of you
  • cerita black mirror the entire history of you
  • jalan cerita black mirror the entire history of you

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top