Suzzanna Malam Jumat Kliwon - Review


Lima tahun setelah remake Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018), entah kenapa baru di 2023 ini Soraya Intercine Film merilis remake film Suzzanna berikutnya. Sayang memang karena hype-nya keburu mereda dalam kurun 5 tahun ini, padahal Bernapas dalam Kubur mendapatkan perolehan yang nggak sedikit; 3,3 juta penonton. Tapi Luna Maya kembali berperan sebagai Suzzanna di film kedua ini dengan lawan main baru; Achmad Megantara.

Kali disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan naskahnya ditulis oleh Ferry Lesmana, Tumpal Tampubolon, dan Sunil Soraya. Meski diberkahi nama-nama besar di kursi sutradara dan penulis naskah, tapi tetap tidak mampu mengangkat kualitas Malam Jumat Kliwon setidaknya menyamai Bernapas dalam Kubur. Ada banyak cacat logika di dalam film, yang akhirnya membuat gue pasrah dan menyerah.


Malam Jumat Kliwon juga nggak bisa dibilang murni film horor karena setiap adegan horornya sama sekali tidak menyeramkan. Para pembuat film juga rasanya memang tidak berniat untuk menakut-nakuti penonton dengan deretan jump scare, tapi malah fokus ke elemen komedi yang untungnya memang kocak dan efektif mengocok perut.

Bisa dibilang film ini benar-benar diselamatkan oleh trio Oppie Kumis, Adi Bing Slamet, dan Ence Bagus yang sukses mengundang tawa. Mereka bertiga sukses jadi scene stealer dan kemunculannya di layar jadi ditunggu. Chemistry di antara mereka bertiga jelas nggak diragukan lagi, meski gaya becandaan mereka lebih ke Betawi ketimbang Jawa Timur yang jadi latar film ini.






- sobekan tiket bioskop tanggal 6 Agustus 2023 -
----------------------------------------------------------
review film suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
review suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana movie review
suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana film review
resensi film suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
resensi suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
ulasan suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
ulasan film suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
sinopsis film suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
sinopsis suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
cerita suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana
jalan cerita suzzanna malam jumat kliwon suzanna suzzana suzana

Komentar