Sobekan Tiket Terbaik 2020


Tahun ke-14 gue konsisten menulis ulasan film-film tapi sayangnya di tahun 2020 ini sedikit banget film yang gue tonton di bioskop because of course; the pandemic. Hanya ada 3 bulan saja bioskop buka, dan itupun pilihan filmnya sangat terbatas. Beruntung 1 film dari 3 rentang 3 bulan tersebut masih masuk dalam daftar 10 film terbaik ini. Artinya sisanya mau tidak mau gue harus ikut beradaptasi dengan melebarkan sayap ke film-film yang gue tonton di platform Over the Top (OTT).

Nah untuk platform menonton ini gue harus menerapkan klasifikasi yang tepat dan adil. Pertama, jelas harus gue tonton di rentang tahun kalender 2020. Kedua, film harus rilisan paling lama tahun 2019. Kenapa nggak strict rilisan tahun 2020 karena ada saja film rilis 2019 tapi baru masuk platform tersebut di tahun 2020.

Melanjutkan tradisi yang gue mulai tahun lalu, gue menyusun daftar ini sesuai peringkat subjektif. Jadi ini dia, Sepuluh Sobekan Tiket Bioskop Terbaik di tahun 2020. Yang sebenernya judul "Sobekan Tiket Bioskop" udah jadi nggak relevan lagi ya mengingat banyak film yang nggak rilis di bioskop hahahaha.


|
|
|
|
|

10

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film horor/thriller di awal tahun yang sempat tayang di bioskop. Bener-bener nggak ada yang nyangka ternyata filmnya sebagus itu! Film thriller tapi dengan treatment horor yang bener-bener menegangkan.

|
|
|
|
|

9

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film penting untuk menyuarakan independensi wanita, di mana ceritanya bersetting di abad ke-19 tapi ternyata masih saja relevan di masa kini. 

|
|
|
|
|

8
Tap / klik gambar untuk membaca ulasan


Jarang-jarang film dokumenter masuk ke dalam daftar 10 film terbaik gue. Tapi My Octopus Teacher ini spesial karena kok ya bisa air mata gue menetes nonton film dokumenter. Persahabatan antara manusia dan gurita ini benar-benar bikin hati hangat.

|
|
|
|
|

7
Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Dengan bagaimana film ini diangkat dari kejadian nyata dan cukup akurat, membuat gue percaya bahwa masa ada secuil kebaikan dan hal positif yang murni di dunia ini.

|
|
|
|
|

6

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film dokumenter kedua dalam daftar 10 film terbaik ini. Otomatis masuk karena kengerian yang digambarkan secara gamblang. Menjustifikasi keputusan gue untuk menyembunyikan sebisa mungkin identitas gue di semua media sosial.




|
|
|
|
|

5

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film tentang ibu yang paling bikin hati bergejolak di tahun 2020. Mulai dari panas, sakit hati, sebal, sampai hangat dan pasrah. Efek emosionalnya luar biasa seusai nonton film ini.

|
|
|
|
|

4

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Karya terbaru dari Charlie Kauffman yang bikin gue harus merenung berhari-hari sambil baca berbagai artikel untuk mengupas dan mengulik ceritanya. Untuk kemudian nonton ulang sambil manggut-manggut dan mangap. Tema kesendirian dan keterisolasian yang diangkat juga jadi peringatan yang keras.

|
|
|
|
|

3

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Agak curang karena ini bukan film karena pentas teater yang diunggah ke platform OTT, tapi berhubung gue nontonnya di platform tersebut jadi ya masih masuk kategori. Kecintaan gue akan musikal jelas terpuaskan dengan Hamilton lewat lagu-lagunya, gerakan tarinya, blocking dan set, serta jalan ceritanya.

|
|
|
|
|

2

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film penting tentang prasangka dan radikalisme. Film komedi satir paling kocak dan paling ngacak-ngacak hati di tahun 2020.
|
|
|
|
|

1

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film animasi terbaru dari Pixar tentang makna eksistensi dan tujuan hidup? Yang dibawakan dengan ringan dan kocak lewat visual yang ciamik dan scoring keren? Siap ditonton berkali-kali!



Komentar