16 November 2016
0 kritik

Fantastic Beasts and Where to Find Them

"Awal sempurna dari franchise baru yang penuh nostalgia dalam dunia sihir J.K. Rowling"

Tahun 1926, Newt Scamander alumni Hogwarts baru saja selesai dari perjalanan keliling dunia menangkap para hewan magis. Sesampainya di New York, secara tidak sengaja beberapa hewan magis lepas dari kopernya. Dibantu oleh seorang No-Maj (istilah Muggle bagi orang Amerika), Newt dan Jacob berkeliling kota New York untuk menangkap kembali hewan magis yang berbahaya bagi dunia sihir dan dunia No-Maj tersebut. Lambat laun, Newt dan Jacob menemukan fakta bahwa ada hal yang lebih berbahaya yang sedang terjadi di New York.

Para introvert, mari bersorak karena pahlawan kita di film blockbuster kali ini adalah seorang introvert! *confetti* Eddie Redmayne benar-benar menunjukkan kualitas aktingnya memerankan Newt Scamander yang canggung berhadapan dengan orang dan lebih nyaman berinteraksi dengan hewan. Gerakan-gerakan kecil yang canggung dan menghindari tatapan mata dengan orang lain, benar-benar menghidupkan karakter Newt yang terbilang nerd dan geek.


Para fans Harry Potter juga silahkan bersorak, karena Fantastic Beasts and Where to Find Them jelas adalah film yang mengobati kerinduan akan dunia witchcraft dan wizardry yang sudah terlanjur menemani pertumbuhan masa kecil kita semua. Diinspirasi dari buku fiksi non-naratif berjudul sama (yang ceritanya ditulis oleh Newt Scamander sebagai pengetahuan hewan-hewan magis), J.K. Rowling sendiri yang turun tangan untuk pertama kali menulis skenario untuk film layar lebar. Briliannya, dia sama sekali tidak mengaitkan kisah Newt Scamander dengan Harry Potter sama sekali. Maksimal hanya name drop, mulai dari nama belakang yang familiar hingga satu nama panjang.

Jualan utama film ini memang hewan-hewan magis yang mulai dari lucu hingga mengerikan. Jeniusnya, penggambarkan hewan-hewan magis ini tidak hanya menjual bentuk dan suara, tetapi juga dengan karakter masing-masing yang membuat makhluk-makhluk ini tampak nyata. Yah bisa dibilang paralel dengan bagaimana George Lucas menghidupkan alien-alien penghuni galaksi republik. Setiap adegan penangkapan hewan magis ini jelas sangat menghibur, menegangkan sekaligus kocak berkat si No-Maj Jacob. Untuk yang satu ini, pujian jelas harus dilayangkan pada sutradara David Yates yang tampaknya menjadi pilihan satu-satunya yang dapat menghidupkan dunia sihir milik J.K. Rowling.


Sayangnya, film ini dimulai dengan alur yang cukup terseret-seret dengan pengenalan side characters yang terlalu banyak. Tampaknya J.K. Rowling terlalu terburu-buru untuk mengenalkan semua karakternya dalam film yang dicanangkan sebagai sekuel pertama dari total lima sekuel ini. Apalagi beberapa karakter sampingan ini juga tidak mendapat pay-off yang semestinya hingga akhir film. Keluhan gue lainnya adalah satu-dua karakter sampingan yang mendapat banyak porsi tidak diberkahi karakterisasi yang cukup kharismatik untuk menarik simpati. Jujur saja - tanpa bermaksud spoiler - gue bisa menuduh satu karakter yang tampak menjadi penyebab utama kekacauan dunia sihir di New York.

Secara keseluruhan, Fantastic Beasts and Where to Find Them jelas sangat menghibur dan wajib ditonton di layar besar dengan tata suara yang paling canggih. Sebuah nostalgia yang sangat ampuh bagi dunia sihir, meski tidak ada kaitan sama sekali dengan Harry Potter dan sekutunya. Sebuah spin-off yang berlokasi di AS, karena mungkin saja ini adalah langkah bisnis agar lebih dapat menyentuh penonton AS. Menariknya, kita dikenalkan dengan komunitas penyihir di AS dengan kondisi yang jauh berbeda dibanding Inggris, yang mungkin saja menggambarkan kondisi AS yang baru-baru ini memilih presiden baru.



UK / USA | 2016 | Adventure / Fantasy | 133 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 16 November 2016 -

----------------------------------------------------------
Search  Keywords:

  • review film fantastic beasts and where to find them
  • review fantastic beasts and where to find them
  • fantastic beasts and where to find them review
  • resensi film fantastic beasts and where to find them
  • resensi fantastic beasts and where to find them
  • ulasan fantastic beasts and where to find them
  • ulasan film fantastic beasts and where to find them
  • sinopsis film fantastic beasts and where to find them
  • sinopsis fantastic beasts and where to find them
  • cerita fantastic beasts and where to find them
  • jalan cerita fantastic beasts and where to find them

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top