Greenland - Review


Sebenarnya gue udah cukup kenyang dan begah dengan segala macam disaster movie. Mulai dari gempa bumi, tsunami besar, serangan alien, serangan asteroid, monster kaiju, dan lain sebagainya. Tapi berhubung Greenland mendapat banyak review positif, jadi rasanya nggak ada salahnya untuk ngasih kesempatan itu lagi.

Ternyata benar, belum sampai setengah jam pantat gue nyentuh kursi bioskop, gue udah dibuat deg-degan dan cemas dengan bencana yang sedang dan akan terjadi. Lima belas menit awal dihabiskan dengan penjelasan singkat namun sederhana mengenai bedanya komet dengan asteroid, dan bencana yang akan datang ketika komet Clarke - fiktif tentunya - memasuki atmosfer dan menghujam bumi. 

Ada banyak sudut pandang dalam menceritakan film bencana, mulai dari sudut pandang atas yang menceritakan reaksi pemerintah seperti Armageddon atau Independence Day. Ada pula sudut pandang bawah yang fokus pada warga sipil seperti 2012 dan The Day After Tomorrow, atau kombinasi keduanya. 


Nah menurut gue yang membuat Greenland berhasil menarik empati penonton adalah fokus dan konsisten di sudut pandang warga sipil yang tidak tahu menahu tentang bencana yang sedang terjadi. Satu-satunya informasi yang didapat adalah dari berita di radio atau TV saja, benar-benar seperti penonton kebanyakan. Teknik ini yang membuat gue sebagai penonton menjadi sangat relate dan bisa merasakan kebingungan serta kepanikan yang ada.

Belum lagi kisah di Greenland ditambah bumbu drama seperti kemalangan yang menimpa setiap karakternya. Bumbu drama yang bisa dibilang berlebihan tapi ya kok bisa bikin gue gemas-gemas sebel garuk-garuk kepala - in a good way. Ya mungkin ini juga terjadi karena gue udah terlanjur berinvestasi emosi dengan setiap karakter yang ada. After-effect nonton Greenland ini saking negatifnya, gue harus cari tontonan positif untuk mengembalikan mood. 




- sobekan tiket bioskop tanggal 7 April 2021 -
----------------------------------------------------------
review film greenland gerald butler
review greenland gerald butler
greenland gerald butler movie review
greenland gerald butler film review
resensi film greenland gerald butler
resensi greenland gerald butler
ulasan greenland gerald butler
ulasan film greenland gerald butler
sinopsis film greenland gerald butler
sinopsis greenland gerald butler
cerita greenland gerald butler
jalan cerita greenland gerald butler

Komentar