Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul - Review


Memang hanya tinggal hitungan waktu kapan Kisah Tanah Jawa akan diadaptasi dalam bentuk film panjang. Kreator konten di Youtube ini memang sempat viral dengan beberapa konten investigasi mistisnya, sampai mereka mencetak buku dari beberapa investigasi mistisnya. Film panjang pertama yang diangkat dari konten mereka adalah kisah Pocong Gundul. Digadang-gadang diangkat dari kisah nyata, maka mau percaya atau tidak dikembalikan kepada setiap penonton.

Dibawakan oleh rumah produksi terbesar di Indonesia saat ini, dan sekali lagi oleh sutradara Awi Suryadi, gue cukup surprise bahwa KTJ: PG ini jauh jauh lebih baik daripada KKN di Desa Penari yang menjadi film. nasional paling sukses sepanjang sejarah. Entah apa yang membedakan, terlepas dari tidak hadirnya satu penulis naskah yang biasa menemani film yang disutradarai oleh Awi. Tapi KTJ: PG benar-benar rapi secara naskah dan eksekusi yang luar biasa tegang maksimal dari awal sampai akhir.


Gue harus tepuk tangan sama sinematografinya yang sangat ciamik dan di luar pakem. Setiap pengambilan gambarnya cantik sekali, meski pemilihan tone warna yang terkadang terlalu oranye tapi ya sudah lah namanya juga film horor. Setiap adegan jump scare juga dibangun dengan smooth dan tidak terburu-buru. Hasilnya adalah sebuah tontonan horor yang nggak hanya mengagetkan, tapi juga sukses membangkitkan bulu kuduk.

Pujian harus dialamatkan pada Iwa K yang sekali lagi berhasil membawakan peran antagonis. Sejak Sayap-sayap Patah, aktingnya memang banyak menuai pujian. Meski di KTJ: PG aktingnya masih berada di area yang mirip, tapi dieskalasi dengan maksimal lewat betapa bejat karakternya. Hasilnya, setiap tatapan mata selalu menusuk dan mengerikan. Gue juga harus memuji akting dan aksen bahasa Jawa dari Dewa Mahenra dan Della Dartyan yang lumayan mulus dan tidak dipaksa.






- sobekan tiket bioskop tanggal 24 September 2023 -
----------------------------------------------------------
review film kisah tanah jawa pocong gundul
review kisah tanah jawa pocong gundul
kisah tanah jawa pocong gundul movie review
kisah tanah jawa pocong gundul film review
resensi film kisah tanah jawa pocong gundul
resensi kisah tanah jawa pocong gundul
ulasan kisah tanah jawa pocong gundul
ulasan film kisah tanah jawa pocong gundul
sinopsis film kisah tanah jawa pocong gundul
sinopsis kisah tanah jawa pocong gundul
cerita kisah tanah jawa pocong gundul
jalan cerita kisah tanah jawa pocong gundul

Komentar