Black Mirror: The National Anthem - Review

Black Mirror adalah serial asal Inggris yang berisi film-film berdurasi satu jam mengenai drama satir tentang efek kemajuan teknologi terhadap kehidupan manusia. Setiap episodenya tidak berkaitan antara satu dengan yang lainnya, alias berdiri sendiri.

Episode pertama dari musim pertama ini menceritakan tentang perdana menteri Inggris yang berada dalam dilema besar ketika putri dari Kerajaan Inggris diculik, ketika penculiknya meminta hal yang sangat aneh sebagai tebusannya.


Episode ini yang membuat gue jatuh cinta sembari mati penasaran dengan serial Black Mirror. Mulai dari premis cerita hingga setiap adegannya berhasil meracuni isi kepala gue, dan sangat sulit untuk gue hilangkan hingga saat ini. Ceritanya sih sederhana banget, tapi idenya sakit jiwa! Seseorang dari keluarga yang sangat berpengaruh diculik, dan penculiknya minta tebusan - okeh. Tapi ketika isi tebusannya itu adalah bukan hal mainstream macam uang, melainkan hal yang super nyeleneh, maka yang lo dapat adalah hal yang belum pernah lo tonton di film mana pun sebelumnya.

Charlie Brooker sebagai pencipta dan penulis naskah serial Black Mirror memang sudah jelas tujuannya; untuk memberikan kritik sosial terhadap masyarakat tentang kemajuan teknologi. Setiap ceritanya pun berisi efek - yang cenderung negatif - dari teknologi terhadap kehidupan sehari-hari kita semua. Tapi Charlie Brooker menaikkan skala kritik sosial itu di tataran setinggi mungkin, dan segila mungkin! Lebih tepatnya, ke hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, atau belum ada yang berani mengeksplorasinya.


The National Anthem jelas secara vulgar mengkritisi efek media massa terhadap manusia. Berita penculikan putri kerajaan, disiarkan secara membabi buta. Video vulgar pemotongan jari dari si korban, disiarkan secara membabi buta. Hingga tuntutan penculik yang harus disiarkan serentak di semua televisi, yang menjadi tujuan utama sekaligus klimaks super-cetar dari episode berdurasi 44 menit ini. Kritiknya jelas - dan keras - mengenai bagaimana masyarakat yang sangat tergantung pada pemberitaan media, untuk kemudian sangat mudah terpengaruh mengenai apa yang hendak disampaikan.

Rating:

----------------------------------------------------------
  • review film black mirror series serial s1e01 national anthem
  • review black mirror series serial s1e01 national anthem
  • black mirror series serial s1e01 national anthem movie review
  • black mirror series serial s1e01 national anthem film review
  • resensi film black mirror series serial s1e01 national anthem
  • resensi black mirror series serial s1e01 national anthem
  • ulasan black mirror series serial s1e01 national anthem
  • ulasan film black mirror series serial s1e01 national anthem
  • sinopsis film black mirror series serial s1e01 national anthem
  • sinopsis black mirror series serial s1e01 national anthem
  • cerita black mirror series serial s1e01 national anthem
  • jalan cerita black mirror series serial s1e01 national anthem

Komentar