22 June 2016
0 kritik

The Trust

"Drama kriminal yang menarik, meski dengan cerita lama yang sudah sering ditampilkan sebelumnya"

Waters dan Stone adalah dua polisi biasa yang bekerja di bagian barang bukti di Kepolisian Las Vegas. Ketika Stone menemukan dokumen jaminan dengan angka yang luar biasa, ia pun mengajak Waters menginvestigasi sumber dananya. Bertindak di luar tugas resmi, mereka menemukan hal menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dilandasi gaji rendah dan pekerjaan yang biasa saja, mereka pun mengorbankan segalanya demi kehidupan yang lebih baik.

Di samping trailer-nya yang seakan mengindikasikan komedi, ternyata The Trust adalah film drama kriminal yang gelap dan cenderung noir. Unsur komikalnya memang ada meski hanya sebagian kecil, dimana sisanya adalah kisah polisi kotor yang sudah digambarkan berkali-kali oleh Hollywood. Tetapi film ini jelas menjual Elijah Wood yang kali ini beradu akting dengan Nicolas Cage. Yeah I know, namun percayalah bahwa ini adalah film Nicolas Cage yang jauh lebih baik dari beberapa judul terakhir.


Segi crime yang ada memang dibungkus seringan mungkin dengan tingkah komikal karakter yang dibawakan oleh Nicolas Cage. Cerdas, nyentrik, dan penuh impulsivitas. Banyak kejutan yang sangat logis dan realistik, untuk kemudian diselesaikan dengan cara yang tidak biasa. Yang menarik, realisme yang ada dipertahankan hingga akhir film dengan adegan ending yang membuat gue menelan ludah.


Dari cerita yang ditawarkan, rasanya film ini ingin berbicara lebih daripada apa yang disajikan di layar. Dimulai dari petunjuk-petunjuk kecil berupa benda atau potongan adegan, rasanya memang film ini ingin menceritakan lebih dari tindakan kriminal yang coba dilakukan oleh dua anti-hero utama kita. Mungkin memang gurita kejahatan terogasinir telah mencengkram kota-kota besar dengan kuat, dan Stone serta Waters hanyalah debu yang mencoba mengambil keuntungan.

Pada akhirnya, The Trust memang ingin menggambarkan bobroknya sistem moral di masyarakat modern. Tanpa harapan, tanpa solusi praktis, yang akhirnya film ini jatuh ke ranah noir dengan caranya sendiri. Secara garis besar, kisah yang dibawakan jelas bukan sesuatu yang baru. Namun dengan drama dan gaya penceritaaannya yang tak lazim mungkin akan menjadikan film ini ini bukan untuk semua orang.



USA | 2016 | Crime / Drama | 92 mins | Flat Aspect Ratio 1.85 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 22 Juni 2016 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top