09 June 2016
0 kritik

Now You See Me 2

"Trik megah dan twist mengejutkan yang tidak didukung jalan cerita yang logis dan koheren" 

Setelah satu tahun menghilang sejak aksi epik mereka menghindari kejaran FBI, The Four Horsemen muncul kembali. Dalam aksi mereka mengungkap rencana jahat konglomerat teknologi, secara mengejutkan aksi mereka di sabotase oleh sekelompok yang sama misteriusnya dengan The Eye. Ternyata dalang dibalik sabotase itu adalah Walter Mabry, konglomerat teknologi lainnya yang menyandera mereka untuk menjalankan aksi pencurian mustahil lagi. Tidak ada pilihan lain selain menuruti keinginan Mabry demi membersihkan nama baik The Four Horsemen.

Sukses dengan ide orisinil yang menggabungkan unsur sulap dengan heist - serta mendatangkan banyak uang - jelas menjadi kesempatan emas untuk membuat franchise dari film ini. Formula sekuel pun jelas harus lebih daripada prekuelnya. Tapi sayang, Now You See Me 2 mencoba terlalu keras untuk menjadi cerdas dengan jalan cerita yang kompleks dan deretan twist yang (harusnya) mengejutkan. Setelah selesai menonton, cobalah memikirkan kembali setiap alur jalan cerita yang ada, untuk kemudian menemukan banyak kesalahan alur dan plot holes yang ada.



First thing first. Isla Fisher digantikan oleh Lizzy Caplan karena yang bersangkutan menolak syuting karena sedang mengandung. Karakter baru yang tergabung dalam The Four Horsemen ini memang menarik dengan kemampuan yang unik. Penampilannya memang meyakinkan dengan karakterisasi yang menonjol. Tapi maaf, rasanya karakter Isla Fisher jauh lebih elegan untuk tampil dalam old secret society of magicians ini. Chemistry untuk masuk ke dalam kelompok elit ini pun terkesan dipaksakan dengan unsur romansa yang terjalin antara karakternya dengan salah satu anggota.

Karakter yang diperankan oleh Michael Caine dalam The Prestige (2006) menyatakan bahwa setiap trik sulap terhebat memiliki tiga langkah; The Pledge sebagai hal biasa yang ditunjukkan, The Turn yang mengubah hal biasa tersebut menjadi luar biasa, dan The Prestige sebagai tahap final untuk mengembalikan hal luar biasa tersebut. Now You See Me (NYSM) sebagai film sulap jelas menjadikan tiga tahap ini sebagai titik gravitasi utama dalam setiap filmnya.


Singkat kata, film kedua ini mencoba keras untuk mengungguli film pendahulunya, namun gagal di berbagai segi. Semua trik dalam film ini memiliki The Turn yang gagah dan ajaib, namun terjun bebas dalam eksekusi The Prestige. Trik Daniel Atlas yang memberhentikan air hujan yang anda lihat di trailer? Jangan berharap terlalu banyak ketika menontonnya secara lengkap dalam film ini. Buang dulu pemikiran "tidak logis dan tidak realistis" karena memang ini adalah film fiksi, tetapi cara penyajian tahap terakhir sulap mereka dalam film ini yang tidak se-yummy film pertamanya.

Twist memang menjadi ciri khas NYSM, dan lagi-lagi sekuel ini ingin mengungguli hal tersebut. Namun sayang oh sayang, final twist yang disajikan film ini malah menegasikan jalan cerita yang sudah disusun dan dikembangkan dalam prekuelnya. Sebuah twist yang terkesan dipaksakan, mengingat prekuelnya juga menampilkan twist pada antagonis di akhir film juga. Yang akhirnya akan membuat penonton untuk pasrah dan berserah tentang apapun jalan cerita yang ditampilkan


USA | 2016 | Action / Crime | 129 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
6 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 9 Juni 2016 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top