Alien: Romulus - Review


Alien adalah satu lagi franchise berumur panjang; 45 tahun sejak Alien tahun 1979 rilis. Franchise ini berisi quadrilogi Ripley Alien (1979), Aliens (1986), Alien 3 (1992), dan Alien Resurrection (1997), dwilogi eksistensial Prometheus (2012) dan Alien: Covenant (2017), ditambah dwilogi crossover Alien vs. Predator (2004) dan Alien vs Predator: Requiem (2007). Nah linimasa Alien: Romulus ini ada setelah Alien (1979) dan Aliens (1986) dan tidak serta merta menegasikan kisah dalam sekuel lainnya.

Sebagai salah satu fans franchise ini, gue jauh lebih suka Alien: Romulus dibandingkan 8 film lainnya. Romulus ini tampak seperti remake dengan upgrade software terbaru dari Alien (1979). Kisahnya nggak muluk-muluk membahas eksistensial manusia seperti di Prometheus dan Covenant, tapi fokus ada scifi horor yang memang jadi ciri khas film pertama Alien.  Apalagi sutradara dan penulis naskah Fede Alvarez menambahkan elemen body horror yang berhasil membuat gue meringis ngeri sepanjang film.


Bisa dibilang, Romulus ini seakan back to basic - tentunya dengan banyak elemen yang ditingkatkan. Genre scifi horror benar-benar kental di sini dengan deretan adegan jump scare yang benar-benar mengagetkan. Kita juga bisa melihat siklus hidup xenomorph dari kecil hingga dewasa yang sebelumnya belum pernah ada visualisasinya. Lalu biasanya hanya ada satu-dua facehugger, tapi di Romulus ada banyak!

Bintang utama Cailee Spaeny (Priscilla, Civil War) juga menunjukkan kualitas aktingnya dengan bisa juga berakting di genre horor. Jelas dia punya masa depan cerah di Hollywood dengan bisa berakting di berbagai jenis genre. Selain itu David Jonsson yang berperan sebagai android juga menurut gue tampil sangat meyakinkan sebagai manusia artifisial. Mulai dari ekspresi wajah hingga cara pengucapan yang tidak lancar layaknya robot agak rusak, benar-benar terlihat nyata. 






- sobekan tiket bioskop tanggal 18 Agustus 2024 -
----------------------------------------------------------
review film alien romulus
review alien romulus
alien romulus movie review
alien romulus film review
resensi film alien romulus
resensi alien romulus
ulasan alien romulus
ulasan film alien romulus
sinopsis film alien romulus
sinopsis alien romulus
cerita alien romulus
jalan cerita alien romulus

Komentar