06 April 2016
3 kritik

10 Cloverfield Lane

"Drama misteri yang akan membuat anda tidak tahu apa-apa, untuk kemudian terhisap dalam jalan cerita yang intens"

Seorang wanita yang mengalami kecelakaan mobil, diselamatkan oleh seorang pria. Setelah terbangun, ia sudah berada dalam sebuah bungker bawah tanah bersama penyelamatnya dan seorang pria lain. Penyelamat dan pemilik bungker tersebut mengklaim bahwa mereka semua tidak dapat keluar karena bumi sedang dalam serangan biologis atau kimia. Mereka bertiga harus bertahan hidup dalam bunker tersebut, hanya dengan kepercayaan yang menjadi satu-satunya garis batas interaksi di antara mereka.

Film ini akan semakin nikmat jika anda tidak tahu apa-apa tentang jalan ceritanya, dan saya akan berusaha menjaganya tetap demikian dalam ulasan ini. Jika sudah melihat trailernya, saya jamin anda masih belum tahu apa-apa tentang film ini. Sebuah film yang cukup sulit untuk diklasifikasikan dalam satu-dua genre saja, karena ini adalah jenis film yang belum pernah anda tonton sebelumnya. Kisah misteri yang didukung oleh penampilan terbaik setiap aktor dan aktrisnya akan membuat anda larut dalam ceritanya. Untuk kemudian kepala anda akan dipukul dengan keras hingga adrenalin mengalir deras dengan bagian penutup dalam film ini.


Seperti yang terlihat sekilas dalam trailer, sebagian besar porsi film ini memang menghabiskan waktunya dalam drama psikologis yang membuat anda mempertanyakan banyak hal. Berbagai fakta dipelintir dan ditarik kesana kemari, yang jelas mengaburkan garis kepercayaan. Tetapi semua itu ternyata hanyalah pondasi untuk sesuatu yang lebih besar. Sebuah metode pengembangan karakter yang sangat efektif untuk membuat setiap penonton bisa merasakan hal yang sama dengan karakternya. 


Ketika syarat itu telah dipenuhi, maka para pembuat film bisa sesuka hati untuk menampilkan senjata utamanya. Entah apakah anda sudah familiar atau belum, yang jelas jalan cerita yang dibangun telah berhasil untuk menjebak emosi dan perasaan penonton. Senjata utama ini diletakkan dengan hati-hati di penghujung film, yang sukses membuat penyuka film-film genre thriller dan horror seperti gue menahan nafas, dan sesekali melompat dari kursi.

Selain itu, penulis naskah Josh Campbell, Matthew Stuecken, dan Damien Chazelle jelas jenius dalam menulis cerita yang fokus dalam bertahan hidup di sebuah bungker karena "serangan" di dunia luar. Jalinan cerita yang penuh misteri, baik di dalam dan di luar bungker. Sebagian besar visual dalam film ini memang ada dalam bungker tersebut, namun hal tersebut justru memancing penonton untuk semakin bertanya-tanya tentang apa yang terjadi di luar sana. Rasa penasaran tersebut direpresentasikan dengan sangat baik oleh karakter yang diperankan dengan sangat baik oleh Mary Elisabeth Winstead. Mungkin saja dia, dan juga penonton, menjadi sulit untuk membedakan hidup mana yang lebih mengerikan, apakah di dalam atau di luar bungker.


Jadi, silahkan angkat ekspektasi setinggi apapun, karena setengah jam pertama film ini akan membuat anda melupakannya dan perlahan membujuk anda untuk ikut masuk dalam bungker tersebut. Buang segala rumor tentang hubungan dengan Cloverfield (2008), meski memang film ini berada dalam universe yang sama dengan beberapa easter egg yang ada. Produser J.J. Abrams sendiri sudah menyatakan bahwa film ini termasuk dalam seri antologi fantastis, yang artinya akan ada film-film semacam ini dengan jalan cerita yang jauh berbeda di depan nanti. Maka dari itu, tonton dan nikmati saja dunia cloverfield yang diciptakan dengan jenius ini.



USA | 2016 | Drama / Mystery / Thriller | 103 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 6 April 2016 -

3 kritik:

  1. Wah, jadi penasaran sama pilem ini....

    ReplyDelete
  2. Baru saja menonton film ini. SUPERB!!!

    ReplyDelete
  3. Baru saja menonton film ini. SUPERB!!!

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top