13 October 2015
0 kritik

Sicario

"Drama kriminal dengan atmosfer suram dan mencekam"

Seorang agen FBI yang idealis, Kate Macer, terpilih untuk bergabung dalam tim gabungan  yang dibentuk untuk menghentikan kartel yang berkuasa di kota perbatasan Mexico - AS. Kate harus bekerja sama dalam tim yang dipimpin oleh Matt dan Alejandro yang misterius. Dirinya yang idealis dan taat pada SOP dan segala macam peraturan harus berbenturan dengan cara kerja Matt yang mengupayakan segala cara untuk mencapai tujuan. Apalagi tujuan misi mereka yang masih misterius, serta latar belakang Alejandro yang terselubung dalam gelap, membuat Kate selalu berada dalam konflik.

Sicario tampil sebagai drama kriminal yang gelap dan cenderung sunyi, seperti film-film arahan sutradara Denis Villeneuve lainnya. Tidak banyak bergantung pada dialog untuk menjelaskan suatu adegan, penonton harus jeli memperhatikan apa yang ada di layar - serta ekspresi para karakternya - untuk dapat memahami apa yang sedang terjadi. Tidak ada penjelasan gamblang mengenai apa maksud film ini, tetapi semuanya direpresentasikan dengan sangat baik lewat tingkah laku dan reaksi dari semua karakter yang ada di layar.



Sicario jelas tampil sebagai parade akting dari para pemerannya. Emily Blunt mampu tampil menonjol dan nyarik tidak semerta-merta tenggelam dari kekuatan akting dari Benicio del Toro dan Josh Brolin. Sementara Benicio del Toro sendiri mampu menjadi scene stealer dari setiap adegan dengan kemisteriusannya, yang lalu akan terbayar tuntas di klimaks film. Semuanya dipadukan dalam alunan soundtrack yang kelam dan efektif meningkatkan ketegangan dalam setiap adegan.

Fokus utama Sicario - yang berarti pembunuh bayaran dalam bahasa slang Meksiko - jelas pada karakter Kate Macer. Diperankan dengan sangat brilian oleh Emily Blunt, karakter ini tampil sebagai titik kontras terhadap situasi yang sedang ia alami. Tim gabungan yang berisi para pria yang tampak terbiasa dengan situasi perang modern, di tengah-tengah dunia kartel yang serba misterius, serta cara-cara penyerangan dan aturan baku tembak yang tidak ada pada buku panduan manapun. Karakter Kate seakan mewakili masyarakat awam, yang dibiarkan gelap dengan tujuan akhir misi, dan bersitegang dengan cara mencapainya yang tidak sesuai dengan apa yang ia alami dan pelajari sebelumnya.


Jadi jelas apa yang ingin disampaikan oleh para pembuat film lewat Sicario. Sebagai masyarakat awam, kita hanya tahu bahwa untuk membasmi kartel narkoba maka ia harus ditangkap dan diadili. Namun kenyataan di lapangan tidak semudah itu mengingat mereka memiliki organisasu yang rapi yang menyiapkan skenario "mati satu tumbuh seribu". Maka dibutuhkan pendekatan yang terbilang ekstrim, kontroversial, dan pasti menimbulkan dilema moral. Pendekatan ini pun digambarkan dengan objektif dan apa adanya lewat film ini, dan membiarkan penonton sendiri yang menilai. 


USA | 2015 | Action / Crime / Drama | 121 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1


Rating?
8 dari 10

Nominated for Best Cinematography, Best Score, Best Sound Editing, Academy Awards, 2016.

Nominated for Best Supporting Actor (Benicio Del Toro), Best Cinematography, Best Score, BAFTA Awards, 2016.

- sobekan tiket bioskop tanggal 13 Oktober 2015 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top