17 October 2015
0 kritik

American Ultra

"Action-comedy dengan potensi yang menarik namun lemah di eksekusi yang serba tanggung"

Mike dan Phoebe adalah pasangan pecandu ganja yang tinggal dengan tenang dan bahagia di sebuah kota kecil. Namun Mike selalu mengalami serangan panik setiap kali mereka hendak keluar dari kota tersebut. Suatu malam, ada dua orang yang ingin membunuh Mike tetapi Mike tiba-tiba bisa membela diri dan balik membunuh dua orang tersebut. Ternyata Mike adalah agen CIA terlatih dan menjadi sasaran dari lembaganya sendiri untuk di non-aktifkan. Walaupun Mike tidak ingat sama sekali tentang masa-masa pelatihannya, ia harus bergantung pada kemampuan dan instingnya untuk dapat tetap bertahan hidup.

American Ultra memang dijuluki dengan "Stoner Bourne" karena jalan ceritanya yang seakan memberi nod pada kisah Bourne yang sukses. Namun penulis naskah Max Landis memberi sentuhan komedi pada kisah spionase ini dengan bumbu stoner atau pecandu ganja. Maka lelucon yang ada pun memang seputar Mike yang jarang berada dalam kondisi sadar 100% dan celetukan-celetukan naifnya yang kocak.



Adegan action-nya juga cukup memuaskan dan menghibur. Expect a lot of blood and brain-splatter. Tapi memang rasanya hanya itu titik jualan dari American Ultra yang memang menitik-beratkan pada adegan action, seperti yang terlihat pada trailer-nya.

Namun sayang, semuanya seakan serba kepalang tanggung. Setiap komedinya bukan hanya hit-and-miss, tetapi memang kurang efektif untuk membuat penonton tertawa. Bahan leluconnya memang mengandalkan celotehan seseorang pecandu ganja, tetapi rasanya Seth Rogen yang sadar 100% pun masih jauh lebih baik. Kemudian unsur slasher-nya pun seakan ragu untuk memanfaatkan rating R-Rated, padahal banyak potensi yang dapat dieksploitasi lebih vulgar lagi. Belum lagi dengan jalan ceritanya yang terlalu banyak distraksi - seperti karakter utamanya yang selalu "high" - seakan tidak bisa menentukan kemana fokus utamanya; Mike atau lembaga CIA.


So, apparently Jesse Eissenberg and Kristen Stewart didn't save the day. American Ultra tampak sangat potensial dengan ide cerita dan kemasan trailer yang sangat menarik. Dilengkapi dengam duo pemeran utama yang mampu menarik penonton pula - salah satunya adalah gue. Namun sayang, film ini lemah di eksekusi sehingga tidak mampu mencapai potensinya dengan maksimal.


USA | 2015 | Action / Comedy | 96 mins | Flat Aspect Ratio 1.85 : 1
Rating?
6 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 17 Oktober 2015 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top