Oddity - Review


Ini dia film horor Irlandia yang digadang-gadang sebagai horor terseram tahun ini. Disutradarai dan ditulis naskahnya oleh Damian Mc Carthy yang namanya naik daun sejak film panjang pertamanya, Caveat (2020) rilis dan jadi salah satu horor paling menakutkan juga. Oddity berkisah tentang seorang paranormal yang menyelidiki sekaligus membalas dendam misteri saudara kembarnya yang terbunuh satu tahun yang lalu di sebuah rumah tua.

Tipikal film horor independen, gaya berceritanya juga bergerak bebas tanpa formula yang menjadi ciri khas produksi studio besar. Film dibuka dengan sunyi, minim dialog, dan nyaris tanpa scoring. Ternyata ini konsisten sepanjang film, bahkan termasuk jump scares yang hanya mengandalkan visual - tapi tetap bikin gue kaget sumpah serapah. "Scoring" yang konsisten ada sepanjang film hanyalah suara angin yang masuk lewat sela-sela rumah tua yang mayoritas terbuat dari batu dan kayu. Suara angin yang bertiup dan bersiul ini sukses meningkatkan ketegangan berkali-kali lipat.


Kekuatan utama horor dari Oddity adalah memperlihatkan berbagai keanehan (sesuai judulnya) yang dalam konteks horor, keanehan tersebut jelas meningkatkan kengerian tersendiri. Selain itu penonton tidak hanya dibuat takut oleh sosok hantu, melainkan juga karakter utama si paranormal buta. Sosoknya yang irit bicara dengan tatapan kosong ini selalu sukses membuat atmosfer menjadi mengerikan. Apalagi setiap gerak-geriknya yang mengundang banyak pertanyaan, terutama si boneka kayu besar yang kadang bisa bergerak sesuka hati.






- sobekan tiket bioskop tanggal 18 September 2024 -
----------------------------------------------------------
review film oddity
review oddity
oddity movie review
oddity film review
resensi film oddity
resensi oddity
ulasan oddity
ulasan film oddity
sinopsis film oddity
sinopsis oddity
cerita oddity
jalan cerita oddity

Komentar