09 September 2015
0 kritik

Maze Runner: The Scorch Trials

"Sekuel dengan cakupan yang lebih luas dan ide cerita yang lebih besar"

Setelah keluar dari labirin The Glade, Thomas dan teman-temannya harus menghadapi tantangan yang lebih besar. Mereka semua harus mengungkap organisasi besar dan misterius WCKD di sebuah tempat yang disebut dengan Scorch, sebuah tempat perlindungan dari dunia yang sekarat. 

Maze Runner berangkat dari sebuah ide dan material yang sangat menarik dan unik. Yang pertama mengisahkan sekelompok anak muda yang terjebak dalam sebuah labirin raksasa, dan mereka harus berjuang untuk keluar dari situ. Cakupan dalam film ini memang terbilang cukup kecil dan tertutup, tetapi tidak kalah menariknya. Penonton seperti dibawa dalam kacamata Thomas, pendatang baru yang tidak tahu apa-apa, namun lambat laun mempelajari bagaimana caranya untuk bertahan hidup.

Kemudian The Scorch Trials membawa penonton keluar dari "dunia labirin" yang sempit itu, menuju dunia yang lebih lebih luas; dunia yang sesungguhnya berupa bumi dan sisa-sisa kehidupannya. Sekuel ini membawa pendekatan yang sama; penonton dibawa dalam kacamata Thomas dan teman-temannya yang tidak tahu apa-apa dan lambat laun belajar apa yang sedang terjadi. 



Pendekatan dimana penonton ditempatkan sama tidak tahunya dengan karakter ini tentu sangat efektif, apalagi ditempatkan di sebuah kisah dengan situasi yang baru dan unik. Mungkin pararel seperti Harry Potter atau bahkan The Hunger Games. Yang mengasyikkan tentunya adalah jalan cerita yang sulit untuk ditebak.

Gue harus mengacungkan jempol pada tim marketing dari The Scorch Trials, yang berhasil menutup rapat-rapat jalan ceritanya dari berbagai promosi yang ada. Hasilnya, gue - dan beberapa kelompok penonton yang lain - dibuat terkejut dengan kemunculan tokoh antagonis yang ada. Wow, wow, dan wow. Hal ini jelas sangat efektif, yang jelas akan meningkatkan efek kejutan ketika menonton, sekaligus membawa franchise Maze Runner ke ranah yang baru. 


Dengan The Scorch Trials, franchise Maze Runner tidak hanya dibawa ke cakupan setting yang lebih luas, tetapi juga membawa ide cerita - dan dilema moral - yang lebih besar.. Kali ini Thomas tidak lagi berurusan dengan dilematis moral dimana apakah ia harus menembus labirin demi menyelamatkan sedikit orang atau tetap dalam labirin demi menyelamatkan lebih banyak orang. Dalam sekuel kedua ini, Thomas kurang lebih dihadapkan pada dilematis moral yang sama, namun dengan skala yang jauh lebih besar. 

Pada akhirnya, The Scorch Trials berhasil masuk dalam daftar sekuel yang nyaris sempurna - yang mampu melebihi sekuel pertamanya. Sutradara Wes Ball juga tampaknya sadar bahwa Min Ho menjadi favorit banyak wanita, maka ia pun dengan bebas bermain terhadap hal tersebut - yang akan membuat banyak wanita menonton dengan gemas atau bahkan sedih.



USA | 2015 | Action / Adventure | 131 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 9 September 2015 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top