16 September 2015
0 kritik

Black Mass

"Drama kriminal berdasarkan kisah nyata yang menegangkan dan menjadi penampilan terbaik Johnny Depp sejauh ini"

John Connolly dan James "Whitey" Bulger tumbuh bersama di jalanan di selatan kota Boston. Satu dekade kemudian pada tahun 1970-an, mereka bertemu kembali. Tetapi kali ini, John Connolly telah menjadi agen FBI paling berpengaruh, sementara Whitey menjadi gembong kriminal mafia Irlandia. Lewat persahabatan masa kecil, mereka berdua melakukan perjanjian kotor untuk saling bertukar informasi demi menjatuhkan mafia Italia, dan kelompok Whitey tidak akan disentuh oleh FBI. Namun perjanjian tersebut berjalan lepas kendali ketika Whitey bertindak destruktif; pembunuhan, pemerasan, transaksi narkoba. Hingga Whitey masuk dalam daftar 10 orang yang paling dicari oleh FBI, hanya 1 peringkat dibawah Osama Bin Laden.

Diangkat dari kisah nyata, Black Mass tampil sebagai film yang menegangkan meski dibalut dengan drama kriminal. Film ini jelas sangat bergantung pada karakter Whitey yang memimpin kisah kriminal ini, diiringi oleh John Connolly yang sangat mengaguminya dan berbuat apa saja untuk melindunginya. Dan semua itu dibawakan dengan nyaris sempurna oleh Johnny Depp, yang tampaknya telah kembali menemukan bentuk terbaiknya. Joel Edgerton juga tampil sangat baik dan tidak serta-merta tenggelam oleh bersinarnya Depp.


Sepertinya Depp memang tampil baik jika memerankan karakter antagonis, atau lebih spesifik lagi, karakter mafia. Jika harus disandingkan dalam konteks karakter dalam film, rasanya Whitey cenderung jauh lebih kejam ketimbang John Dillinger. Dengan mata birunya, Johnny Depp benar-benar bertransformasi menjadi karakter mafia yang tak kenal ampun, dan berkemauan keras untuk mencapai setiap tujuannya. Setiap adegan selalu berasa lebih menegangkan ketika Whitey muncul di layar. Terutama ketika Whitey sedang menginterogasi seseorang secara intimidatif.


Black Mass mungkin akan terkesan berat dan membosankan bagi beberapa orang. Tetapi bagi mereka yang menikmati hasil akting sempurna dari Johnny Depp tentu akan merasakan sebaliknya. Apalagi lewat perannya dalam film ini, Depp digadang-gadang akan kembali dalam bursa nominasi berbagai penghargaan - terutama kategori Best Actor. Diantara film-film lain yang sudah maupun belum rilis, bukan tidak mungkin Depp akan masuk dalam nominasi Oscar.

Secara keseluruhan, Black Mass memang kuat pada studi karakter yang ada. Tetapi jalan ceritanya sendiri juga cukup menarik dalam menggambarkan dunia kriminal di AS tahun 70-an. Memang bukan kisah baru dimana bahkan di dalam tubuh FBI ada oknum yang korup dan memihak pada kelompok mafia. Tetapi menarik untuk melihat dinamika yang ada diantara dua kelompok yang berseberangan ini.



USA | 2015 | Biography / Crime / Drama | 122 mins | Scope Aspect Ratio

Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 16 September 2015 -


0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top