02 June 2015
0 kritik

Insidious: Chapter 3

"Tidak semengerikan Chapter 1 dan 2, tetapi memiliki kedalaman emosional yang berarti"

Bercerita mengenai kejadian sebelum Chapter 1 terjadi. Setelah mencoba mengontak ibunya yang telah wafat, remaja perempuan Quinn Brenner merasa diikuti oleh sesuatu yang jahat dan mengganggunya. Ia pun meminta bantuan kepada paranormal Elise Rainer. Awalnya Elise menolak karena masa lalu yang terus menghantuinya. Namun ketika serangan mulai mengancam Quinn, Elise memutuskan untuk membantu untuk menghentikan entitas jahat yang menyerang Quinn.

Berbicara film horor, kualitas bagus atau tidaknya mau tidak mau hanya sebatas seberapa menyeramkan film tersebut. Insidious sendiri dikenal sebagai franchise film horor yang sangat menyeramkan, berkat penyutradaraan yang menarik dari James Wan. Namun sayang, Chapter 3 yang memilih jalan prekuel ini tampaknya tenggelam dibalik megahnya Chapter 1 dan 2 yang sukses memanfaatkan horor atmosferik. Terlihat jelas bahwa Chapter 3 hanya memanfaatkan jump scares untuk mengejutkan penontonnya, tanpa perlu berlelah-lelah membangun suasana menyeramkan.



Ini adalah film Insidious pertama yang tidak disutradarai oleh James Wan, sementara penulis naskah Leigh Whanell yang menduduki kursi sutradara sekaligus menjadi debut penyutradaraanya. Sayangnya, rasanya sulit untuk melampaui hasil kerja gemilang James Wan pada Chapter 1 dan 2 yang sukses membuat bulu kuduk berdiri. Naskah yang ditulis oleh Whanell sendiri memang potensial, namun sayang eksekusi dalam layar yang terbilang agak menurun dari sekuel sebelumnya.


Diluar tingkat keseramannya yang kurang, Leigh Whanell cukup sukses dalam menambahkan unsur drama yang menjadikan film ini lebih emosional. Latar belakang dari Quinn diceritakan cukup konsisten dari awal, hingga menjadi penutup yang manis pada akhir film ini. Setidaknya, ini merupakan suatu kelebihan dalam Chapter 3 ini, yang memang secara jalan cerita cukup berbeda konsep dengan sekuel sebelumnya.



USA | 2015 | Horror | 97 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 2 Juni 2015-

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top