28 February 2015
0 kritik

American Sniper

"Drama biografi yang kuat dan deskriptif dalam menggambarkan keadaan psikologis prajurit pasca-perang"

Berdasarkan kisah nyata, Chris Kyle adalah seorang penembak jitu Navy SEAL yang banyak menyelamatkan nyawa prajurit berkat akurasi tembakannya. Setelah menikah, ia melayani negaranya dengan berperang di Irak setelah kejadian 9-11. Namun perjuangan Kyle sebenarnya bukanlah di medan perang, tetapi di rumahnya sendiri setelah kembali dari medan perang. Bersama istri dan kedua anaknya, Kyle harus menghadapi kenyataan bagaimana menghadapi dunia nyata setelah mengalami berbagai kekejaman perang.

Seperti film-filmnya terdahulu, sutradara Clint Eastwood tidak serta-merta tenggelam dalam deretan adegan action yang bombastis, melainkan selalu menitikberatkan pada drama yang ada dalam jalan ceritanya. Maka tidak heran jika American Sniper yang meraih 6 nominasi Oscar 2015 ini memiliki porsi drama yang signifikan ketimbang adegan aksinya. Apalagi jalan cerita yang ada benar-benar didasari oleh drama tentang kondisi psikologis Chris Kyle terhadap keluarganya sepulang perang di Irak.




Meski porsi dramanya cukup signifikan, semua itu dibayar oleh adegan aksi yang menegangkan dan sangat efektif. Diantara film-film bertema perang di Irak pasca 9-11, American Sniper menjadi menarik karena melihat perang ini dari sudut pandang seorang penembak jitu. Karakteristik penembak jitu yang harus tenang dan terkesan lambat, diputarbalikkan oleh tangan magis dari Clint Eastwood yang menjadikan setiap adegan aksi yang ada cukup menegangkan. Apalagi Chris Kyle tidak terus menerus bersembunyi di posisinya, tetapi juga turun ke jalan membantu para marinir menyisir rumah-rumah.

Dibalik adegan aksi yang memenuhi bagian awal dan akhir dari total durasi 132 menit ini, kisah drama kehidupan Chris Kyle yang ditampilkan sangat kuat dan praktis menjadi motor cerita dari film ini. Chris Kyle memang digambarkan sebagai seorang yang patriotis, tipikal orang yang akan marah dan ingin membela negaranya ketika menonton aksi teroris yang menyerang negaranya. Tampak bahwa passion hidupnya adalah untuk turun tangan sendiri dalam membela negaranya, semaksimal mungkin. Ketika ada satu-dua prajurit yang tewas karena dirinya gagal menemukan penembak jitu musuh, maka ia tidak akan beristirahat sampai menemukannya - bahkan ketika dia sudah pulang dan berada di rumah seusai masa dinasnya.


Secara keseluruhan, American Sniper imbang dalam menyajikan drama dan adegan aksi untuk setidaknya sedikit memberikan hiburan bagi para penontonnya. Konon, keluarga Chris Kyle mewanti-wanti Clint Easwood dan teman-temannya untuk tetap menjaga citra diri penembak jitu terbaik AS itu sebaik dan seakurat mungkin. Tidak heran jika upacara pemakamannya dirayakan dengan megah dan khidmat.



USA | 2014 | Biography / Drama / War | 132 mins | Scope Aspect Ratio 2.35 : 1
Won for Sound Editing, Nominated for Best Picture, Best Lead Actor (Bradley Cooper), Best Adapted Screenplay, Best Film Editing, Best Sound Mixing, Academy Awards, 2015.

Nominated for Best Adapted Screenplay, Best Sound, BAFTA Film Award, 2015.

Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 28 Februari 2015 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top