10 October 2014
0 kritik

The Judge

"Drama ruang sidang yang melebur dalam hubungan ayah-anak yang indah, sederhana, dan menyentuh hati"

Hank Palmer, seorang pengacara sukses di kota besar harus kembali ke kota kecil tempat kelahirannya karena ibu kandungnya meninggal. Namun Hank harus kembali menghadapi ayahnya, hakim kota, dengan buruknya hubungan diantara keduanya. Saat ayahnya dituduh melakukan pembunuhan, Hank pun menjadi pengacaranya untuk membelanya - sekaligus berusaha melakukan rekonsiliasi terhadap isu keluarga yang menahun ini.

It's been a long time since the last courtroom-drama has been released to the theaters. The Judge jelas menarik dengan jualan kedua pemeran utamanya yang dikenal dapat memerankan karakternya dengan sangat efektif dan dalam. Kali ini Robert Downey Jr. tidak hanya harus berakting melawan dirinya sendiri, tetapi berhadapan dengan aktor senior Robert Duvall. Hasilnya adalah sebuah drama yang tidak hanya berhasil menyentuh hati para penontonnya, tetapi juga menyuguhkan sebuah studi karakter yang cukup deskriptif. Studi karakter yang tidak hanya informatif, tetapi mungkin juga aplikatif bagi kelompok penonton yang memiliki isu keluarga yang mirip.



Dengan 141 menit, durasi film ini tidak akan terasa panjang dengan jalan cerita yang ditawarkan. Dengan cerdas dan rapih, The Judge meleburkan kisah relasi father-son yang rumit dan emosional dengan courtroom yang menegangkan. Kisah pertengkaran anak yang disajikan pun diulas dengan sangat baik, dengan cara membuka tabir masa lalu secara perlahan namun pasti. Benar-benar seakan bagaimana seseorang mencoba menyadari titik balik apa yang membuat dirinya benar-benar kecewa dan marah terhadap seseorang. Tabir tersebut perlahan-lahan terbuka sepanjang durasi film, dengan momen-momen yang tepat dan efektif.

Kisah di dalam ruang sidang pun tidak kalah menarik. Diantara film-film courtroom sejenis, jelas The Judge menjadi unik dan berbeda karena seorang pengacara harus membela ayahnya - yang seorang hakim - yang kini duduk di kursi terdakwa. Belum lagi, ia harus menghadapi jaksa penuntut yang dikenal tegas dan tanpa hati dalam menuntut setiap terdakwa. Dengan latar belakang ini, jelas penonton akan melihat ruang sidang mereka dengan sudut pandang yang berbeda - walaupun seberapa profesionalnya si pengacara dan si terdakwa.


Side story yang ada dalam film ini tidak hanya pas dalam takarannya masing-masing, tapi sangat efektif dalam menjadi pengalih yang ringan dari jalan cerita utama yang terkesan serius. Terutama kisah antara Hank dengan cinta lama masa kuliah yang diperankan dengan nyaris sempurna oleh Vera Farmiga. Walaupun mendapat porsi kecil, namun kisah mereka berdua begitu kuat dan romantis - sampai-sampai rasanya akan sukses jika dibuat satu film romantis sendiri untuk mereka berdua. Apalagi dengan karakter yang dimainkan oleh Vera Farmiga yang sangat lovable, wuuu!

Dengan kekentalan drama yang kuat, diberkahi dengan akting yang sangat meyakinkan, menjadikan The Judge sebuah film yang sangat menyentuh hati dan heartwarming. Ceritanya yang down to earth dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, bukan tidak mungkin banyak penonton akan menemukan representasi diri (dan keluarganya) dalam film ini. Dibawakan dengan ringan, dan cenderung indah. Apalagi dengan ending yang *nyesss* jelas menjadi penutup yang sangat manis - dan mengharukan.



USA | 2014 | Drama / Family | 141 mins | Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 10 Oktober 2014 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top