25 January 2014
0 kritik

American Hustle

"Film drama-crime yang berkisah tentang penipu ulung yang terpaksa bekerja untuk FBI ini menyajikan pertunjukan karakter yang sangat kuat dan merata"

Terinspirasi dari skandal politik terbesar di AS, American Hustle bercerita tentang interaksi dan dinamika antara karakter-karakter yang memiliki kepentingan dan motivasi tersendiri. Seorang penipu ulung, Irving Rosenfeld dan rekannya, Sydney Prosser sedang menikmati masa kejayaan mereka dan meraup uang sebanyak mungkin dengan melakukan penipuan investasi uang dan menjual lukisan palsu. Ketika berada di puncak karirnya, mereka tertangkap tangan oleh seorang agen FBI, Richie DiMaso, yang tidak memberikan pilihan lain pada mereka jika ingin lepas dari bui; membantu operasi FBI. Di tangan Richie DiMaso yang ambisius, operasi yang seharusnya mudah untuk menangkap tangan beberapa orang incaran malah semakin berkembang hingga ranah politik. Di tengah kisah cinta segitiga, Irving juga harus menjaga istrinya, Rosalyn, agar tidak membongkar penyamarannya ketika operasi tersebut melibatkan mafia kelas kakap.

Tampaknya karir sutradara dan penulis naskah David O. Russel semakin meningkat. Setelah sukses dengan dua film sebelumnya (The Fighter dan Silver Linings Playbook) yang  mendapatkan banyak nominasi di berbagai ajang penghargaan, kini ia menyatukan the winning team-nya dalam satu film. Amy Adams dan Christian Bale yang masing-masing mendapatkan nominasi akting terbaik dalam The Fighter, bermain bersama dengan pasangan yang juga masing-masing mendapatkan nominasi akting terbaik dalam Silver Linings Playbook; Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence. Hasilnya? Sebuah film dengan karakterisasi yang sangat kuat, dimana jalan cerita dalam filmnya sendiri digerakkan oleh kekuatan dari masing-masing karakter.



Kabarnya, banyak jalan cerita dalam film ini yang di improvisasi di lokasi syuting, yang kemudian direstui oleh David O. Russel sendiri karena memang ia adalah tipikal sutradara yang lebih mementingkan kekuatan karakter dibandingkan plot cerita. Dengan plot cerita yang nyaris tidak memberikan sesuatu yang baru dalam genre crime, film ini memang menonjol dengan kehadiran setiap karakternya. Hasilnya, American Hustle memang tampak menjadi film yang menggambarkan secara deskriptif dan senatural mungkin tentang kuatnya satu karakter, kemudian bagaimana interaksi dan implikasinya jika dihadapkan dengan karakter lain yang sama kuatnya. Sebuah studi karakter yang sempurna dengan isinya yang berlapis. Tidak heran jika ini adalah film kedua - secara berturut-turut - dari David O. Russel yang meraih nominasi di semua empat kategori akting pada penghargaan Oscar.

Christian Bale yang terkenal sangat berdedikasi pada karakter setiap film yang dibintanginya dengan serius mengubah berat badannya, tampil brilian dalam "memimpin" deretan cast bintang. Bale tampil meyakinkan sebagai seorang Irving Rosenfeld yang percaya diri dan yakin bahwa dirinya adalah penipu ahli. Sementara Amy Adams seperti biasa dapat mengimbangi sinarnya Bale dengan berperan sebagai Sydney Prosser yang cerdas dan ambisius dalam memenangkan cinta Irving.


Bradley Cooper juga tampil sangat baik sebagai Richie DiMason yang sangat ambisius dalam memecahkan kasus suap yang melibatkan tokoh politik dan mafia. Jeremy Renner pun sukses menghapus stereotip bintang aksi lewat karakter Gubernur Carmine yang terjebak dalam garis abu-abu antara legal dan ilegal. Si cantik Jennifer Lawrence sekali lagi tampil memukau sebagai istri Irving yang eksektrik dan sangat  insecure. Karakternya yang komikal pun berhasil menjadi scene stealer di adegan manapun yang melibatkan Rosalyn. Tampaknya Lawrence masih bersinar di zona nyamannya untuk memerankan karakter-karakter yang memiliki masalah dalam keyakinan diri.

Ketika sebuah film disajikan dengan karakter yang content, penonton pun akan dengan mudah dapat larut dalam emosi. Akan sangat mudah untuk mengerti alasan dibalik tindakan seseorang, atau alasan mengapa seseorang memilih tingkah laku tertentu sebagai reaksinya atas apa yang terjadi padanya. Hal ini yang kemudian akan meleburkan jarak antara karakter fiktif yang ada di layar dengan diri penonton. Kedekatan ini yang kemudian dimanfaatkan oleh David O. Russel untuk memberikan "tipuan" atau twist cerdas a la Irving Rosenfeld di akhir film.


Makna yang hendak disampaikan pun cukup jelas menurut gue. Disamping setiap individu praktis akan melakukan apapun untuk mencapai tujuannya ketika dalam keadaan terdesak, film ini juga menyajikan betapa kaburnya garis batas antara hitam dan putih. Terlibatnya Gubernur Carmine Polito dalam kasus suap jelas sebuah contoh bagaimana niat baik seorang individu - dan berbagai cara yang ditempuh untuk mewujudkannya - dapat berujung pada area hitam dari hukum. 

American Hustle mungkin tidak semenghibur The Wolf of Wall Street, film nominator Oscar lainnya yang sedang tayang juga di bioskop saat ini, karena terkesan "terlalu serius" dengan jalinan plotnya yang berliku. Meski Silver Linings Playbook jauh lebih menghibur dengan plot cerita yang sederhana, gue bisa melihat mengapa American Hustle mampu meraih 10 nominasi Oscar tahun ini. Film ini jelas kuat pada peran dan karakter, pilihan jalan cerita yang unik dan berbeda, dan sebuah studi karakter audio-visual yang nyaris sempurna.


USA | Crime / Drama | 138 min | Aspect Ratio 2.35 : 1



Rating?
8 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 25 Januari 2014 -


Nominated for Best Motion Picture, Best Lead Actor (Christian Bale), Best Lead Actress (Amy Adams), Best Supporting Actor (Bradley Cooper), Best Supporting Actress (Jennifer Lawrence), Best Directing (David O. Russel), Best Original Screenplay (Eric Warren Singer, David O. Russel), Best Editing, Best Production Design, Best Costume Design, Academy Awards, 2014.

Won for Best Motion Picture - Comedy or Musical, Best Lead Actress - Comedy or Musical (Amy Adams), Best Supporting Actress (Jennifer Lawrence), Nominated for Best Lead Actor - Comedy or Musical (Christian Bale), Best Supporting Actor (Bradley Cooper), Best Director (David O. Russel), Best Screenplay (Eric Warren Singer, David O. Russel), Golden Globes, 2014

Nominated for Best Film, Best Original Screenplay, Best Director, Best Lead Actor, Best Lead Actress, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Production Design, Best Make Up/Hair, Best Costume, BAFTA, 2014

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top