29 October 2010
0 kritik

Burke and Hare

12:19 AM
sobekan tiket bioskop tertanggal 29 Oktober 2010 adalah Burke and Hare. jujur, satu-satunya hal yang membuat gue tertarik untuk menonton film ini adalah ketika melihat nama Simon Pegg di iklan film ini di setiap bis kota yang melintas disini. yang ada di pikiran gue sih, kapan lagi nonton film lokal dengan Pegg sebagai salah satu aktornya, siapa tahu bagus...

terinspirasi dari kejadian nyata di abad ke-19 di kota Edinburgh, Skotlandia, hiduplah dua sekawan yang sedang mencari pekerjaan demi menyambung hidup dan membayar uang sewa rumahnya. kesempatan bisnis muncul ketika permintaan lebih tinggi daripada penawaran; sebuah dokter sedang membutuhkan mayat manusia yang segar sebagai bahan praktek kuliah kedokterannya. Burke dan Hare pun memanfaatkan kesempatan tersebut, dengan segala cara.

jalan cerita dalam film ini menyindir (dengan gaya black comedy) perkembangan dunia kedokteran di Inggris pada era abad ke-19. dunia kedokteran yang sedang berkembang pesat pada saat itu, khususnya pada bidang anatomi tubuh, membuat permintaan akan mayat dari kriminal yang dihukum mati meningkat. namun ketersediaan mayat tersebut pun menurun drastis karena penurunan angka hukuman mati bagi para kriminal. situasi ini pun dimanfaatkan oleh beberapa orang yang ingin mencari keuntungan, apalagi dokter yang membutuhkan mayat berani membayar mahal.

entah kenapa gue kurang menikmati film ini. entah karena jalan cerita yang kelewat sederhana, atau karena komedi yang kurang mengena dan terkesan maksa. praktis, film yang digadang-gadang sebagai film komedi ini hanya punya beberapa adegan lucu saja, yang semuanya telah tampil di trailer.
gambar diambil dari sini

beruntung film ini memasang Simon Pegg sebagai salah satu aktor utamanya, kalau engga entah jadi apa film ini. tapi chemistry antara Simon Pegg dengan Andy Serkis kok rada kurang yah. gue masih kangen dengan duet Simon Pegg dengan Nick Frost yang kelewat kocak.

kisah nyata mengenai pembunuhan berantai Burke & Hare bisa dibaca di sini.

rating?
5 of 10

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top