A Quiet Place: Day One - Review


Seperti judulnya, film ketiga dari A Quiet Place ini nggak bergerak maju sejak A Quiet Place Part II (2021) melainkan bergerak mundur ke hari pertama serangan alien yang super-sensitif terhadap suara. Maka tidak ada lagi karakter Emily Blunt dan keluarganya, melainkan kita akan mengikuti karakter baru yang diperankan oleh Lupita Nyong'o dan Joseph Quinn. Untuk fans serial Stranger Things pasti kenal sama Joseph Quinn, yang memerankan karakter lovable Eddie Munson di Season 4.

Franchise A Quiet Place cukup konsisten menyajikan latar yang berbeda dalam setiap filmnya. Kalau di A Quiet Place (2019) latarnya adalah pedesaan, A Quiet Place Part II (2021) berlatar di pabrik dan sub-urban, maka A Quiet Place: Day One berlatar di perkotaan. Latar memang menjadi subjek kedua - setelah manusia sebagai karakter utama - dan berperan cukup penting dalam situasi kiamat dengan jenis alien seperti ini. Kalau di desa dan daerah pabrik saja cukup sulit untuk tidak menimbulkan suara dengan tidak sengaja, apalagi kalau di kota.


Selain latar yang selalu berbeda, franchise ini juga konsisten dalam menggambarkan karakter manusia yang punya kebutuhan khusus. Kalau di film pertama dan kedua ada karakter bisu-tuli, maka di film ketiga ini karakternya digambarkan sebagai pengidap penyakit terminal, atau punya umur yang tidak panjang lagi. Oya ditambah pula dengan seseorang yang punya kecenderungan panic attack

Luar biasanya, ketiga film ini sama-sama menggambarkan betapa manusia yang berkebutuhan khusus ini masih bisa berfungsi layaknya manusia normal - bahkan bisa lebih baik. Kita bisa melihat bagaimana mereka yang berkebutuhan khusus ini punya keunikan tersendiri, dan menggunakan keunikan tersebut untuk bertahan hidup di situasi ekstrim. Istilah kata, menggunakan kelemahan sebagai kekuatan.






- sobekan tiket bioskop tanggal 30 Juni 2024 -
----------------------------------------------------------
review film a quiet place day one
review a quiet place day one
a quiet place day one movie review
a quiet place day one film review
resensi film a quiet place day one
resensi a quiet place day one
ulasan a quiet place day one
ulasan film a quiet place day one
sinopsis film a quiet place day one
sinopsis a quiet place day one
cerita a quiet place day one
jalan cerita a quiet place day one

Komentar