The Zone of Interest - Review


The Zone of Interest jadi film ke-8 yang gue tonton secara legal dari 10 nominasi Best Motion Picture di Academy Awards 2024. Kecintaan gue pada film dengan tema Perang Dunia II tentu membuat gue cukup mengantisipasi film ini. Ternyata film ini benar-benar fokus pada sisi lain dari kamp konsentrasi Auschwitz di Polandia. Lebih tepatnya, film ini fokus pada latar rumah mewah dan luas dari komandan Rudolf Hoss yang memang ada dan terjadi persis seperti di kejadian nyata.

Menonton The Zone of Interest jelas jadi pengalaman menonton yang unik sekaligus horor. Mata penonton memandang adegan-adegan yang indah dan enak di mata. Rumah yang bagus, halaman rumah yang luas dan dipenuhi tanaman hijau, kolam renang dan mainan anak-anak. Tapi telinga mendengar hal-hal yang sebaliknya. Suara tembakan senjata dan teriakan tahanan di siang bolong, serta suara api di malam hari. Benar-benar kontras dari apa yang dilihat dan apa yang didengar.


Nggak heran, film ini mendapat nominasi Oscar di kategori Best Sound. Kepiawaian dalam menampilkan suara-suara mengerikan yang sumbernya dibalik tembok rumah komandan Rudolf Hoss itu benar-benar nyata dan meyakinkan. Apalagi mengingat bahwa sebagian besar yang terjadi di film ini benar-benar terjadi pada saat Nazi mengokupasi negara Polandia.

Ceritanya sendiri benar-benar sadis sampai ke ranah absurd. Memang luar biasa iman buta para simpatisan dan tentara Nazi ini. Sang istri komandan bisa-bisanya menolak pindah dari rumah dengan alasan sudah melakukan berbagai renovasi dan percaya bahwa itu adalah lingkungan yang tepat untuk membesarkan anak. Mohon maaf nih, di sebelah itu jutaan orang meninggal karena kamar gas atau dibakar, bahkan abunya sampai masuk ke rumah anda. Bisa-bisanya anda nggak mau pindah??


Menurut gue, The Zone of Interest adalah watching companion dari Son of Saul (2015). Film Son of Saul sendiri menceritakan apa yang dialami oleh seorang tahanan di dalam kamp konsentrasi Auschwitz. Filmnya unik, fokus pada sudut pandang karakter utama saja tanpa beralih ke yang lain. Benar-benar paralel dengan sudut pandang The Zone of Interest yang hanya fokus di rumah komandan saja. 






- sobekan tiket bioskop tanggal 1 Maret 2024 -
----------------------------------------------------------
review film the zone of interest
review the zone of interest
the zone of interest movie review
the zone of interest film review
resensi film the zone of interest
resensi the zone of interest
ulasan the zone of interest
ulasan film the zone of interest
sinopsis film the zone of interest
sinopsis the zone of interest
cerita the zone of interest
jalan cerita the zone of interest

Komentar