La Luna - Review


Berkesempatan nonton La Luna, film dari Malaysia di festival film Jakarta Film Week 2023. Sebenarnya film-film Malaysia itu cukup relatable untuk ditonton di Indonesia ya karena memang banyak persamaannya. Mulai dari kondisi geografis sampai dengan kondisi masyarakat di sosio-kulturalnya. Terbukti untuk film-film horor saja, penonton Malaysia bisa nonton film Indonesia, dan sebaliknya.

Nah jarang-jarang sih gue nonton film komedi dari Malaysia, jadi datang untuk nonton La Luna ini dengan ekspektasi serendah mungkin. Sinopsisnya juga sebenarnya sangat unik; ada toko pakaian dalam yang buka di tengah desa yang konservatif. Meski agak-agak kurang logis ngapain juga ada toko lingerie buka di desa, tapi seiring berjalannya cerita ternyata sepenting itu juga ya ada toko pakaian dalam khusus wanita di mana pun.


Sepertinya gue nggak perlu menggunakan kata progresif atau liberal untuk menggambarkan film ini. It's simply logic. Ya memang jalan ceritanya selogis itu. Kehidupan masyarakat yang berubah menuju yang lebih baik, meski awalnya toko lingerie terdengar vulgar. Tapi ya memang pakaian dalam nggak ada yang lihat selain diri sendiri. Suami sendiri pun baru bisa melihat setelah dapat consent dari istri. Selain itu, nggak ada hukum agama yang memperbolehkan kekerasan dalam rumah tangga, meski tujuannya untuk menuruti suami.

La Luna jadi film yang tak lekang oleh waktu sih, mengingat di tahun 2023 ini saja masih banyak kasus kekerasan dalam rumah tangga dan penindasan perempuan. Apalagi jika berbicara soal agama yang dijual untuk menahan kemajuan pola pikir. Film yang cocok ditonton di negara mana pun yang masih dimabuk agama. Tapi entah ya kalau film ini ditonton di daerah pedesaan di Indonesia yang benar-benar masih konservatif, meski ini sebuah risiko yang patut dipertaruhkan.






- sobekan tiket bioskop tanggal 28 Oktober 2023 -
----------------------------------------------------------
review film la luna malaysia
review la luna malaysia
la luna malaysia movie review
la luna malaysia film review
resensi film la luna malaysia
resensi la luna malaysia
ulasan la luna malaysia
ulasan film la luna malaysia
sinopsis film la luna malaysia
sinopsis la luna malaysia
cerita la luna malaysia
jalan cerita la luna malaysia

Komentar