Spider-Man: Across the Spider-Verse - Review


WOW WOW WOW! Udah pada tahu dong kalau Spider-Man: Into the Spider-Verse di tahun 2018 berhasil jadi tolok ukur baru film animasi? Maaf ya Pixar, kali ini Sony Animation berani eksperimen teknologi animasi baru di ranah mainstream, dan disukai publik! Nggak perlu animasi yang life-like atau menyerupai kehidupan nyata. Tapi sisi kreatif dan estetika yang dikedepankan, yang ternyata sangat pas dengan dunia multi-semesta dari Spider-Man.

Lima tahun kemudian, di 2023 ini kita diberi suguhan terbaik - sekali lagi. Across the Spider-Verse lagi-lagi meningkatkan standar itu, oh what a time to be alive! Nonton Spider-Man: Across the Spider-Verse di layar sebesar mungkin dengan tata suara sebagus mungkin jelas wajib. Visualnya gila banget! Setiap frame adegan bisa di screencapture lalu dijadikan wallpaper atau bahkan dicetak, dibingkai, dan dipajang di tembok rumah. Gila gila gila!


Franchise Spider-Verse ini juga memang nggak hanya menang di visual saja. Apa itu style over substance? Ini jelas style with substance! Dengan jenius dan hati-hati, para pembuat film juga menanamkan kisah cerita yang sangat segar, terutama di era superhero-fatigue ini. Kali ini Across the Spider-Verse bikin gue mind-blowing dengan ceritanya yang anti-mainstream. Kisah Miles Morales ini fresh banget dan gue sama sekali nggak nyangka bisa ada jalan cerita kaya gini. Sama sekali nggak ketebak, dan gue beneran penasaran akan jadi kaya apa endingnya.

Oke oke, Across the Spider-Verse ini memang jadi bagian pertama dengan ending yang gantung banget macam Fast X. Ini ngurangin satu poin buat gue sih, karena berasa banget pula Across the Spider-Verse ini terlalu direnggangkan. Ada beberapa adegan yang keliatan banget dramanya dipanjangkan dengan berbagai dialog yang nggak perlu. Padahal durasinya udah 2 jam 20 menit pula. Kalau dipadatkan pun bisa dapat 2 jam lah. Tapi kelemahan ini ditutupi oleh segi cerita dan visual yang ciamik.


Satu lagi pujian gue untuk departemen musik. Scoringnya gila banget sih ear-gasm maksimal! Gue notice banget di beberapa adegan penting, scoringnya panjang dan dramatis melebihi batas wajar tapi kok ya masih masuk. Sukses pula meningkatkan ketegangan setiap adegan yang ada.






- sobekan tiket bioskop tanggal 30 Mei 2023 -
----------------------------------------------------------
review film Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
review Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse movie review
Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse film review
resensi film Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
resensi Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
ulasan Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
ulasan film Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
sinopsis film Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
sinopsis Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
cerita Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse
jalan cerita Spider-Man: Across the Spider-Verse spiderman spiderverse

Komentar