The Conjuring: The Devil Made Me Do It


Terlepas dari berbagai ulasan negatif, gue cukup suka dengan seri ketiga The Conjuring ini. Meski udah nggak disutradarai lagi oleh James Wan (yang sekarang duduk manis di kursi produser), penutup trilogi pertama ini disutradarai Michael Chaves (The Curse of La Llorona, 2019). Yes you read it right, "trilogi pertama" yang konon kisah Ed dan Lorraine Warren akan berlanjut meski ini adalah bab penutup trilogi pertama. 

Sebagai sebuah trilogi, menurut gue trilogi The Conjuring ini sangat solid. Coba kesampingkan elemen horornya dulu dan kita melihat bagaimana perjalanan kisah cinta Ed dan Lorraine yang ujian pernikahannya bukan kaleng-kalengan - tapi diuji sama setan langsung! Kalau di yang pertama, emosi penonton dibawa ke Lorraine yang bisa aja jadi korban. Di yang kedua pun gantian, Ed yang bisa jadi korban. Sementara yang ketiga ini, dua-duanya langsung bisa terancam nyawanya akibat kejahatan yang lebih jahat daripada setan (no spoiler!).


Kalau kita bahas elemen horornya, menurut gue jelas nggak ada yang bisa ngalahin The Conjuring (2013) yang bisa bikin gue teriak kejer di dalam bioskop. Adegan-adegan horor yang ikonik itu memang nggak ada obatnya, bahkan menurut gue The Conjuring 2 (2016) pun nggak mampu menyainginya. Nah yang ketiga ini nggak serem sama sekali. Yes, nggak ngagetin dan praktis gue cuma kaget sama suara kenceng yang tiba-tiba aja - alias jump scare recehan. Tapi apakah ini mengurangi kualitas filmnya? Menurut gue sama sekali nggak, it's a very good horror film karena punya elemen cerita yang sangat kuat dan menyentuh hati.

Bisa jadi memang Michael Chaves nggak berusaha sama sekali untuk menyaingi kengerian dua sekuel pendahulunya karena memang percuma. Jadi alih-alih meningkatkan elemen horor atau bikin adegan horor ikonik baru, Chaves fokus pada narasi dan gaya bercerita yang menurut gue jawara. Kita udah kenal siapa itu Ed dan Lorraine Warren lewat dua film sebelumnya, jadi untuk berempati dengan masing-masing mereka berdua akan sangat mudah. Belum lagi ada kengerian yang berbeda; bukan kaget beberapa detik saja tapi takut yang bertahan cukup lama. Semua karena gue melihat betapa ada yang bisa lebih jahat dari setan dari neraka sekalipun. 






- sobekan tiket bioskop tanggal 2 Juni 2021 -
----------------------------------------------------------
review film The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
review The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It movie review
The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It film review
resensi film The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
resensi The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
ulasan The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
ulasan film The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
sinopsis film The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
sinopsis The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
cerita The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It
jalan cerita The Conjuring 3 The Devil Made Me Do It

Komentar