18 July 2014
0 kritik

Earth to Echo

"Film kanak-kanak dengan konsep found footage yang lemah dalam pembawaan cerita dan karakter"

Alex, Tuck, dan Munch tiga anak yang bersahabat sejak kecil tiba-tiba menerima pesan aneh dalam smartphone mereka. Pesan tersebut seakan menunjukkan sebuah peta. Setelah mencari akal bagaimana cara untuk pergi semalaman suntuk tanpa sepengetahuan orang tua, dengan sepeda mereka pun bertualang untuk mencapai tempat yang ditunjukkan oleh peta tersebut. Ternyata mereka menemukan alien yang ingin kembali ke rumah asalnya. Namun usaha mereka untuk membantu alien tersebut harus dihalang-halangi oleh sekelompok orang yang misterius.

Sekilas, film Earth to Echo memang seakan mengikuti jejak E.T. (1982), The Goonies (1985), dan Super 8 (2011), sebagai sebuah film petualangan anak-anak dalam pertemuannya dengan makhluk luar angkasa. Earth to Echo menjanjikan banyak hal lewat trailernya, mulai dari petualangan sederhana namun seru, hingga bentuh alien si Echo yang sangat imut dan menggemaskan. Belum lagi dengan kekuatan super yang dimiliki oleh Echo, yang menambah unsur sains ilmiah dalam film anak-anak ini.



Namun sayang seribu sayang, segala macam keseruan tersebut tampaknya hanya ada pada trailer semata. Cerita yang ada tampak di-stretch sedemikian rupa menjadi sepanjang 91 menit. Belum lagi lemah dan dangkalnya esensi cerita yang ada, yang semakin menguatkan bahwa film ini hanya menjual Echo dan efek visual. Lebih parahnya lagi, produk jualan utama mereka, Echo, hanya muncul tak lebih dari total tayang 15 menit dari keseluruhan film. Ketidakmatangan akting dari pemeran kanak-kanak juga rasanya turut mengganggu performa film, yang hasilnya gagal menarik simpati dari para penontonnya.

Mungkin para pembuat filmnya paham bahwa film genre seperti ini sangat mainstream, sehingga mereka membungkus film ini dengan metode found footage. Alih-alih membuat film Earth to Echo terlihat berbeda, teknik ini malah menjadi bumerang dengan bagaimana goyangan kamera yang mengganggu dan sudut pengambilan gambar yang "terlalu sempurna" untuk menjadi sebuah found footage. Menarik memang, tapi tidak mampu mengangkat film untuk menutupi berbagai kelemahan kontennya.


USA | 2014 | Sci-Fi / Adventure / Family | 91 min | Aspect Ratio 1.85 : 1

Rating?
6 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 18 Juli 2014 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top