13 September 2012
0 kritik

The Expendables 2

"Kembali kepada konsep classic-action yang mengutamakan tembakan, ledakan, dan hormon testosteron yang maksimal, film ini cukup menyenangkan untuk ditonton dengan santai!"

Sebenarnya The Avengers (2012) bukanlah film pertama yang memiliki ide untuk mengumpulkan banyak jagoan dalam satu film. Sylvester Stallone telah melakukannya terlebih dahulu dalam The Expendables (2010) yang diproduseri, ditulis, disutradarai, dan dibintanginya sendiri. Namun sayang entah karena faktor apa, walaupun sukses secara finansial tapi The Expendables menjadi film yang mudah dilupakan karena kontennya yang tanggung apakah menjadi film classic-action yang hanya ada adu jotos dan tembak-menembak atau modern-action dengan teknologi canggih. Kini, sekuel dari kisah para jagoan ini telah muncul namun nama Sylvester Stallone telah "dicopot" dari segi produksi dan kursi kesutradaraan dipegang oleh Simon West (Con Air, The Mechanic) dalam The Expendables 2.

Mr. Church yang dirugikan oleh Barney Ross dkk menuntut agar "hutang"nya dilunasi, dengan memberikan pekerjaan mudah; mengambil kargo dari pesawat yang terjatuh di Hungaria. Agar kargo tersebut dapat kembali ke tangan Mr. Church, seorang agen wanita pun diikutsertakan ke dalam tim Barney Ross. Ternyata misi yang sedianya berjalan dengan mudah, berakhir dengan masalah. Ada pihak lain yang menginginkan kargo tersebut, dan konflik pun tidak terhindarkan.

Bisa dibilang, sekuel kedua ini seakan menjawab berbagai kritikan dan permintaan fans dari instalasi pertamanya. Mulai dari benar-benar kembali kepada konsep classic-action yang hanya mementingkan adegan aksi belaka, hingga pilihan bintang aksi yang muncul dalam franchise ini. Mungkin yang terakhir ini yang cukup terlihat dan terasa ketika menonton film ini. Pecinta film aksi sejati pasti akan berteriak kegirangan ketika melihat sosok Jean-Claude Van Damme dan Chuck Norris ada dalam film ini! Woooooooooo!

gambar diambil dari sini
Sampai tahun 2012 ini, mungkin banyak film aksi yang telah beralih pada kecanggihan teknologi, atau menggunakan plot cerita yang rumit serta dipenuhi berbagai plot yang twisted. Pada generasi tertentu, mungkin masih terkenang film-film aksi semacam Universal Soldiers, Lone Wolf, atau Rambo. Film-film classic action semacam ini identik dengan hal dimana satu atau segelintir orang dapat menang dan tidak tertembak sama sekali dalam pertempuran senjata melawan puluhan bahkan ratusan orang. Selain itu, ide ceritanya pun sangat sederhana dan dipenuhi dengan dialog-dialog cheesy dan klise karena dialog menjadi prioritas kesekian dalam film aksi. Nah, pencinta film aksi perlu berterima kasih kepada Stallone dkk yang mengembalikan nostalgia tersebut di era modern ini. Tidak hanya ciri khas tersebut yang muncul dalam The Expendables 2, namun juga ide menggunakan efek visual untuk darah yang terciprat-ciprat. Awalnya memang terlihat murahan dan bikin ill-feel, namun kemudian akan memaklumi hal tersebut mengingat ide awal dibuatnya film ini.

Pada sekuel pertama, banyak fans yang cemberut kecewa karena para cameo seperti Bruce Willis dan Arnold Schwarzenegger hanya bertukar dialog. Namun di sekuel kedua ini, kekecewaan tersebut terbayar tuntas, plus tawa kegirangan. Pasalnya para cameo ini, ditambah dengan Chuck Norris, memegang senjata dan membunuhi puluhan musuhnya! Tidak hanya itu, mereka juga saling melemparkan trademark quotes masing-masing karakter; seperti "Yippie Kay Yey"-nya McClaine dan "I'll be back"-nya Terminator. Sedangkan untuk Chuck Norris, mungkin penghuni 9gag sudah kenyang dengan meme jokes tentang aktor laga satu ini. Nah bang Stallone secara khusus memasukkan beberapa meme jokes yang tenar di dunia maya ke dalam film ini!
gambar diambil dari sini
Sempat meremehkan munculnya sekuel kedua mengingat sekuel pertama yang mengecewakan, ternyata film ini sangat menyenangkan untuk ditonton sambil tertawa-tawa. Yes, ini adalah classic-action movie di tahun 2012 dimana otak tidak dibutuhkan untuk menikmati film ini, melainkan kesenangan dan hiburan semata. Film ini telah mengingatkan pencinta film bahwa film seperti inilah yang merupakan cikal bakal film aksi yang telah berkembang hingga saat ini; tembak-menembak dan adu jotos. Kangen untuk bernostalgia dengan karakter dinginnya Terminator, gaya kocaknya John McClaine, atau serdadu Universal Soldier yang terkenal dengan tendangan melayangnya? Ini adalah film yang tepat untuk anda!



USA | 2012 | Action | 103 mins | Aspect Ratio 2.35 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tertanggal 13 September 2012 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top