22 September 2012
0 kritik

Premium Rush

"Film action formulatif yang disegarkan dengan sepeda fixie sebagai pemeran utama dalam film yang seru dan menyenangkan ini"

Ini adalah kabar gembira bagi para pecinta dan komunitas sepeda Fixie. Yak, akhirnya ada film action asal Hollywood yang menempatkan sepeda fix gear-no brakes ini sebagai roda utama penggerak jalan cerita dalam film. Dibintangi oleh aktor yang sedang naik daun Joseph Gordon-Levitt yang kebanyakan melakukan stunt-nya sendiri, menaiki sepeda Fixie melintasi lalu lintas Manhattan yang padat. Sutradara dan penulis naskah David Koepp (Secret Window) pun menyajikan petualangan yang seru, yang diambil dari kaca mata kurir sepeda dalam film Premium Rush.

Wilee (Gordon-Levitt) adalah satu dari sekitar 1500 kurir sepeda di Manhattan. Di tengah tuntutan uang, Wilee mengambil sebuah kiriman yang ternyata sangat berharga yang harus dikirimkan ke suatu tempat dengan batas waktu tertentu. Ternyata kirimnan tersebut memancing seorang detektif NYPD yang berusaha menghentikan Wilee untuk mengirim paket tersebut tepat waktu.

Ini adalah sebuah film yang cukup segar, dengan mengedepankan sepeda sebagai titik gravitasi utama dalam film. Belum pernah ada sebuah film action yang menggunakan sepeda sebagai adegan utama kejar-kejaran, apalagi alat transportasi gowes beroda dua itu yang menjadi primadona dalam sebuah cerita. Jika franchise Fast & Furious mengusung mobil, dan Biker Boyz (2003) atau Torque (2004) mengusung sepeda motor, maka David Koepp boleh berbangga bahwa filmnya menjadi perintis dalam mengangkat pamor sepeda Fixie.

gambar diambil dari sini
Karir Joseph Gordon-Levitt memang sejak naik daun semenjak penampilannya dalam (500) Days of Summer (2009), sehingga membuat beberapa pembuat film mengincar namanya sebagai aktor utama dalam sebuah film. Terbukti memang nama Gordon-Levitt adalah variabel kedua, setelah ide ceritanya, yang membuat saya tertarik untuk membeli tiket bioskop film ini. Oh, dan mungkin penonton kaum hawa lainnya. Penampilannya dalam film ini memang tidak dapat disebut sebagai penampilan yang terbaik, tapi terbilang cukup meyakinkan dalam memerankan karakter yang tidak kenal takut dan resiko dalam mengendarai sepeda di tengah kota yang padat.

Alat transportasi sepeda, walaupun digunakan dengan tenaga manusia, namun memiliki fleksibilitas yang tinggi dibandingkan alat transportasi bertenaga mesin lainnya. Bisa berkelak-kelok dengan cepat diantara halang rintang yang ada, membuat sepeda bisa melaju lebih cepat diantara lalu lintas yang padat. Fleksibilitas ini pun dicerminkan dalam sinematografinya yang asik. Teknik sinematografi yang digunakan seakan menggunakan berbagai kemungkinan yang ada untuk mengambil gambar Wilee yang sedang mengendarai. Tampak di beberapa shot, David Koepp menggunakan berbagai jenis kamera yang mungkin cukup fleksibel dalam mengambil gambar dari sudut yang paling sulit sekalipun. Hasilnya adalah tontonan yang asik yang membuat penontonnya seakan ikut tersengal-sengal mengikuti Wilee yang sedang mengayuh sepedanya.
gambar diambil dari sini
Plot yang disajikan memang termasuk plot formulatif yang cukup sering digunakan di film-film sejenisnya, khususnya di segmen film-film "messenger". Plot cerita tentang seorang kurir yang mendapatkan masalah ketika sedang mengantar satu barang kirimannya telah sering kita dengar sebelumnya. Namun yang menarik adalah bagaimana dinamika dan perkembangan dari plot ini ketika si jagoan kita hanya menggunakan sepeda untuk menyelesaikan misi tersebut, sekaligus tidak membuat dirinya terbunuh. Hasil akhirnya memang dapat ditebak dengan mudah, tapi yang menarik adalah bagaimana Wilee dan kawan-kawan dapat mengirimkan paket tersebut tepat waktu. Walaupun cukup melelahkan untuk mengikuti perkembangan cerita, namun David Koepp secara cerdas menyisipkan humor-humor kecil untuk tetap menghibur dan menyemangati penonton agar mengikuti cerita sampai habis.

Hal lain yang ingin ditawarkan oleh film ini adalah betapa dunia ini terlalu kaku sehingga butuh sebagian orang yang berani untuk melanggar aturan agar fleksibilitas hidup dapat terus berjalan. Sebuah alat transportasi tanpa alat pengaman berupa rem, pelanggaran jalur yang tidak boleh dilalui oleh sepeda, hingga pada proses seluk-beluk imigrasi gelap dari Cina ke Amerika Serikat. Situasi lalu lintas yang begitu kaku dan padat sehingga memaksa banyak klien yang menggunakan jasa kurir sepeda yang jauh lebih fleksibel dalam menembus kemacetan, demi terkirimnya paket tepat waktu.

Ini adalah suatu film action yang cukup segar dan seru, seseru petualangan Gordon-Levitt diatas sedel sepedanya yang melaju kencang di tengah lalu lintas yang padat.



USA | 2012 | Action | 91 mins | Aspect Ration 2.35 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tertanggal 22 September 2012 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top