12 July 2015
0 kritik

The Gallows

"Horor found footage yang sederhana dan asyik untuk ditonton"

Pada tahun 1993, terjadi kecelakaan fatal pada drama sekolah yang mengakibatkan seorang siswa meninggal di tiang gantungan. Sepuluh tahun kemudian, sekolah tersebut mengadakan pementasan yang sama untuk memperingati kejadian tersebut. Sekelompok siswa-siswi menerobos masuk sekolah malam sebelum pementasannya, namun hal buruk menimpa mereka satu-persatu.

The Gallows sangat menjanjikan jika melihat dari teaser trailer yang disajikan beberapa bulan lalu. Teknik found footage dan plot horor di sekolah memang tidak akan pernah kadaluarsa. Kisah yang disajikan juga cukup sederhana, maka jelas bahwa fokus utama film ini adalah horor yang disajikan. Pembuat film benar-benar memanfaatkan konsep found footage dengan membangun suasana yang creepy, dan tidak terlalu bergantung pada jump scares untuk menakuti para penontonnya. Hasilnya adalah sebuah tontonan horor yang menarik, meski tidak sebegitu mengerikannya.



Film ini cukup sukses membangun suasana horornya lewat shot lorong sekolah yang sepi dan gelap. Belum lagi ketika sekelompok remaja panikan ini menemukan ruangan rahasia dengan lorong-lorong gelap dan cat tembok berwarna merah yang creepy. Penampakan si hantu yang mengganggu dan mengincar nyawa para remaja ini memang dibuat sekabur mungkin, dan justru hal tersebut yang menambah rasa horor dalam film ini.

Seperti formula found footage akhir-akhir ini, film ini tidak hanya bergantung pada satu kamera saja tetapi juga merekam kejadian yang sama lewat kamera atau sudut pandang lain. Terkadang kejadian yang sama diulang kembali untuk digambarkan apa yang terjadi pada saat itu, dan metode ini sangat menarik dan asyik untuk ditonton. 


Secara keseluruhan, The Gallows adalah sebuah film horor sederhana yang tak kalah serunya untuk ditonton bersama teman-teman. Tingkat keseramannya memang tidak sebanding dengan The Conjuring atau Insidious - yang sudah menjadi benchmark film horor modern ini. Tetapi dengan budget rendah dan kesederhanaan cerita, The Gallows tetap menjadi hiburan tersendiri.


USA | 2015 | Horror / Mockumentary | 81 min | Flat Aspect Ratio 1.85 : 1
Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tanggal 12 Juli 2015 -

0 kritik:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top