Yolo - Review


Awal lihat trailer ini di youtube, gue bingung kok tumben distributor besar macam Sony Pictures mau membeli dan mendistribusikan film "kecil" seperti ini. Apalagi jarang ada distributor asal AS mendistribusikan film asal Tiongkok. Setelah dikulik, ternyata film ini mencetak angka box office yang luar biasa di Tiongkok. Faktor besarnya adalah penurunan berat badan drastis sebanyak 50 kg dari aktor utama sekaligus sutradara, Jia Ling.

Kisah ini diadaptasi dari film Jepang tahun 2014 berjudul 100 Yen Love, tapi tanpa unsur penurunan berat badan. Versi Tiongkok berjudul Yolo menempatkan penurunan berat badan jadi salah satu plot utama meski ternyata hanya ditampilkan sekilas dalam bentuk montage. Tidak ada CGI atau practical effect, ini benar-benar murni menurunkan berat badan selama 10 bulan dengan diet ketat, intermittent fasting, dan olah raga.


Filmnya sendiri adalah tipikal kisah inspiratif from zero to hero, di mana karakter utamanya sudah mencapai rock bottom untuk kemudian mendapat hidayah dan kemudian bisa bangkit. Bangsatnya, sederet kejadian "sudah jatuh tertimpa tangga" ini tidak berhenti begitu saja sampai akhir film. Meski untuk kemudian dia bisa bangkit lewat caranya sendiri.

Yolo memang punya pesan inspiratif yang kuat tentang tidak ada yang tidak mungkin jika punya pola pikir yang benar. Tapi ternyata plot penurunan berat badan mendapat banyak kritikan karena tidak menghargai orang-orang yang obesitas dan mengukuhkan definisi cantik itu harus kurus. Padahal menurut gue, kisah film ini tujuannya bukan untuk mengurangi berat badan tapi menjadi petinju. Nah latihan untuk menjadi petinju itu penuh dengan latihan yang keras dan untuk lolos kualifikasi maka harus menurunkan berat badan. 






- sobekan tiket bioskop tanggal 23 April 2024 -
----------------------------------------------------------
review film yolo jia ling
review yolo jia ling
yolo jia ling movie review
yolo jia ling film review
resensi film yolo jia ling
resensi yolo jia ling
ulasan yolo jia ling
ulasan film yolo jia ling
sinopsis film yolo jia ling
sinopsis yolo jia ling
cerita yolo jia ling
jalan cerita yolo jia ling

Komentar