Napoleon - Review


Buat gue yang belum pernah nonton film biografi tentang Napoleon Bonaparte, gue sangat menikmati karya terbaru dari sutradara Ridley Scott ini. Apalagi diperankan oleh duet Joaquin Phoenix dan Vanessa Kirby, dua aktor dan aktris yang sama-sama berbakat dan kali ini beradu akting bersama. Film Napoleon di tahun 2023 ini juga menandakan reuni antara Ridley Scott dan Joaquin Phoenix setelah Gladiator (2000).

Kalau film berdurasi 2 jam 38 menit ini jadi video essay di YouTube, mungkin judulnya jadi "The Rise and Fall of Napoleon Bonaparte". Biografi ini memang menceritakan dari awal Napoleon meraih posisi puncak pemerintahan Perancis sampai kejatuhannya di dalam periode 20 tahun. Dari awal ketika posisinya masih Kolonel, kemudian perlahan naik jadi Brigadir Jenderal, kemudian Jenderal, hingga Kaisar.


Lewat biografi ini gue juga belajar betapa ternyata Napoleon Bonaparte begitu dicintai oleh para serdadunya. Ini karena hal sederhana dan membumi yang dia lakukan secara konsisten; selalu berada di garis depan, bertempur bersama para serdadu, hingga membagikan makanan di perkemahan prajurit. Ternyata Napoleon memang sedekat itu dengan para bawahannya, ini yang membuat para serdadu sangat loyal terhadapnya.

Gue belum nonton film Beau is Afraid, tapi Joaquin Phoenix benar-benar seorang aktor berbakat. Gaya interpretasi dia terhadap karakter Napoleon Bonaparte benar-benar menarik dan sangat logis. Lewat akting Joaquin Phoenix, Napoleon Bonaparte digambarkan sebagai seorang pribadi yang canggung, bucin, dan insecure. Nah gue menyimpulkan insecure ini karena melihat bagaimana interaksi kocak antara Napoleon dan Josephine di dalam kamar tidur. Josephine benar-benar mengisi kekosongan kepercayaan diri Napoleon, sekaligus menjadi bensin bagi ambisi Napoleon menaklukkan dunia.


Secara keseluruhan, gue kok melihat film biografi Napoleon karya Ridley Scott ini sebagai kisah cinta tragis antara Napolen dan Josephine. Dengan deretan adegan perang yang ciamik dan manuver politik sebagai latar belakang saja. Pada intinya semua yang dilakukan Napoleon adalah atas dasar cintanya pada Josephine - dan juga negara Perancis tentunya. Tapi sayang kisah cinta mereka harus berakhir tragis dan jauh dari kata bahagia.






- sobekan tiket bioskop tanggal 28 November 2023 -
----------------------------------------------------------
review film napoleon ridley scott joaquin phoenix
review napoleon ridley scott joaquin phoenix
napoleon ridley scott joaquin phoenix movie review
napoleon ridley scott joaquin phoenix film review
resensi film napoleon ridley scott joaquin phoenix
resensi napoleon ridley scott joaquin phoenix
ulasan napoleon ridley scott joaquin phoenix
ulasan film napoleon ridley scott joaquin phoenix
sinopsis film napoleon ridley scott joaquin phoenix
sinopsis napoleon ridley scott joaquin phoenix
cerita napoleon ridley scott joaquin phoenix
jalan cerita napoleon ridley scott joaquin phoenix

Komentar