01 December 2012
One kritik

Chernobyl Diaries

"Horor orisinil karya Oren Peli yang menceritakan enam backpackers muda yang mengeksplorasi kota mati Pripyat yang menjadi tempat tinggal para keluarga dan pekerja korban peristiwa Chernobyl, dan menemukan bahwa mereka tidak sendirian"

Film ini adalah sebuah karya cerita orisinil dari Oren Peli, penulis dan sutradara yang sukses menakuti penonton lewat film horornya, Paranormal Activities. Chernobyl Diaries bercerita tentang enam orang backpackers muda yang menyewa "extreme tour guide" untuk berjalan-jalan di kota Pripyat, kota mati tempat tinggal para keluarga dan pekerja yang menjadi korban meledaknya reaktor nuklir Chernobyl 25 tahun yang lalu. Mengabaikan peringatan dari para tentara yang menjaga kota Pripyat, mereka berenam mengeksplorasi kota mati tersebut dan menemukan bahwa ternyata mereka tidak sendirian.

Ide cerita yang menggunakan kota mati akibat ledakan reaktor nuklir 25 tahun yang lalu sebagai latar sebuah film horor memang cukup orisinil dan belum pernah digunakan sebelumnya. Dengan latar yang baru ini, Oren Peli memaksimalkan pengalaman baru ini bagi penonton dengan memberikan ekspektasi dan membangun bayangan kota mati Pripyat di Ukraina ini sejak awal film. Suasana mencekam yang dibangun di seperempat awal film ini memang terkesan cukup lambat, namun ternyata cukup efektif untuk mengisi bayangan dan imajinasi penonton akan kota mati ini, yang memang seharusnya tidak ada makhluk hidup sama sekali karena tingkat radiasi yang masih ada.


Pemandangan sebuah kota mati yang ditinggalkan para penduduknya dalam waktu semalam memang sangat menarik dan terkesan eksotis dibalik lensa kamera. Namun ketika ada masalah dengan mobil yang mereka kendarai dan mereka harus terjebak hingga malam hari, segala macam pikiran dan bayangan negatif pun tidak dapat dihindarkan. Apalagi salah seorang yang mengambil foto salah satu gedung menemukan bahwa ada bayangan seseorang di jendela salah satu apartemen. Tidak dibekali senjata sama sekali, mereka harus bertahan hidup dari apapun itu yang mengincar mereka menggunakan alat apapun yang mereka temui.

Memang ciri khas Oren Peli untuk menyuguhkan rasa horor dengan membangun atmosfer yang menyeramkan. Namun dalam film ini, tampaknya Oren Peli begitu tidak sabar untuk menakuti penontonnya dengan cukup banyak menampilkan jumping scenes yang sebenarnya cukup predictable. Namun, sekali lagi dengan latarnya yang baru dan atmosfer yang dibangun dengan sangat baik sejak awal film membuat predictable-jumping scenes ini cukup efektif. Mungkin bayangan sebuah kota yang sepi di malam hari akan membuat penonton teringat dengan beberapa adegan dalalm film ini yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.



USA | 2012 | Horror / Thriller | 88 mins | Aspect Ratio 1.85 : 1

Rating?
7 dari 10

- sobekan tiket bioskop tertanggal 1 Desember 2012 -

1 kritik:

  1. kayaknya keren nih, ini produksi mana ya?

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top