Sobekan Tiket Terbaik 2019


Melanjutkan tradisi yang gue mulai tahun lalu, gue menyusun daftar ini sesuai peringkat subjektif. Jadi ini dia, Sepuluh Sobekan Tiket Bioskop Terbaik di tahun 2019. 


|
|
|
|
|

10

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Gue tonton di awal tahun 2019, film ini langsung mengamankan posisi di Top 10 tahun ini. Suka banget sama metafora survival di film ini yang bisa banget jadi pelajaran untuk kehidupan sehari-hari

|
|
|
|
|

9

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Gue selalu suka sama film-film bertemakan isu diskriminasi ras, tapi kalau yang ini ternyata dibawa kocak dan sangat menyenangkan. Plus chemistry bromance terunyu di tahun ini. 

|
|
|
|
|

8

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film luar angkasa selalu punya tempat di hati gue. Apalagi biasanya film perjalanan antariksa itu biasanya punya metafora yang luar biasa ciamik tentang perjalanan ke dalam diri. Film ini adalah salah satunya, apalagi dengan penampilan akting yang ciamik.

|
|
|
|
|

7
Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film ini membuktikan betapa gue nggak salah ngefans sama sutradara / penulis naskah Rian Johnson yang entah isi kepalanya kaya gimana bentukannya.

|
|
|
|
|

6

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Agak curang sih tapi kalau kriteria Top 10 Tahun 2019 gue adalah “film yang gue tonton di bioskop di tahun tersebu”, maka film ini jelas masuk kriteria - meski gue nontonnya di Macau. Menurut gue film ini adalah karya seni kontemporer yang super cantik, emosional, penuh makna berlapis. Ciamik luar dalam.




|
|
|
|
|

5

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Salah satu film yang sama-sama disukai kritikus dan penonton. Buat gue pribadi, isu kesehatan mental yang digambarkan di film ini penting banget untuk dieksplorasi dan dibahas.

|
|
|
|
|

4
Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Ini juga agak curang karena baru akan tayang reguler di bioskop Indonesia bulan Januari tahun 2020. Tapi gue udah nonton duluan di bioskop jadi ya mau ga mau masuk list tahun 2019. Film ini adalah kombinasi super apik antara jalan cerita sederhana + teknik filmmaking yang super kompleks. Hasilnya adalah pengalaman menonton bioskop yang bikin nagih!

|
|
|
|
|

3
Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Film tentang perempuan terbaik yang gue tonton di bioskop tahun 2019. Gue inget banget pas gue nonton, mbak-mbak dan ibu-ibu di kiri kanan atas bawah bangku gue pada nangis sesenggukan SEPANJANG FILM! Edan! Film ini bukan mengajak para perempuan untuk jadi progresif, tapi hanya menggambarkan budaya patriarki yang sudah mengakar di bumi belahan timur.

|
|
|
|
|

2

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Yang bilang film Indonesia jelek-jelek, sini tubir sama gue! Film ini nggak cuma penting dengan isu kehamilan usia dini yang masih jadi topik tabu di Indonesia, tapi juga dieksekusi dengan sangat apik dan brilian. Gue nonton berkali-kali di bioskop dan masih bikin mata ngembeng.
|
|
|
|
|

1

Tap / klik gambar untuk membaca ulasan

Edan luar dalam! Film ini bukan cuma ciamik di eksekusi, tapi juga ngebawa cerita berikut pesan dan sindiran sosialnya dengan sangat cerdas. Tamparan-tamparan sosialnya luar biasa sadis dan akurat. Ditambah twist yang sableng dan klimaks yang over-the-top, kelar deh! Buat gue, tahun 2019 adalah milik Bong Joon Ho!













Komentar